Ini Cara Tepat Menyimpan Saus Botolan

Saus terpedas di dunia
Sumber :

VIVAlife - Dimana Anda biasanya menyimpan saus, kecap dan selai? di atas meja makan atau dalam lemari pendingin? Kendati dirancang untuk tahan disimpan lama, sebenarnya terdapat perubahan dalam kandungan produk makanan botolan, bahkan ketika disimpan dalam lemari pendingin sekalipun. 

Bawaslu Akan Awasi Pembagian Bansos di Pilkada Serentak 2024

Karena itu, ada baiknya menyimak cara tepat menyimpan saus dan selai botolan, seperti dilansir dari Daily Mail:

Saus Tomat

Pertama dalam Sejarah MK, Dissenting Opinion Sengketa Pilpres Nyaris Bikin Pemilu Ulang

Lama penyimpanan optimal: 8 minggu

Tempat: meja/lemari makan

Akhirnya Bicara, Ria Ricis Tegaskan Tetap Mau Cerai dari Teuku Ryan

Setelah dibuka, saus tomat sebenarnya hanya baik digunakan selama 8 minggu atau 2 bulan, kendatipun tanggal kadaluarsanya bisa satu tahun. Pasalnya, setelah segelnya terbuka, kadar asam dalam saus akan terus meningkat dan bisa memicu maag pada mereka yang memiliki lambung sensitif. 

Selai buah segar

Lama penyimpanan optimal: 6 bulan

Tempat: lemari pendingin

Setelah membuka selai buah segar, seperti selai stroberi atau anggur, lebih baik langsung simpan di lemari pendingin. Pasalnya, mikroorganisme dalam selai buah akan lebih cepat berkembang di suhu ruangan dan meningkatkan kadar keasaman pada selai. Hal tersebut bisa menyebabkan gangguan perut ringan atau reaksi alergi. Tidak hanya itu, sendok dan pisau yang digunakan untuk mengambil selai juga bisa memicu pertumbuhan jamur, sehingga pastikan untuk selalu menggunakan peralatan bersih saat mengambil selai. 

Kecap

Lama penyimpanan optimal: 3 bulan

Tempat: lemari pendingin

Memang tidak ada petunjuk khusus dalam penyimpanan kecap. Namun, sebagai produk hasil fermentasi, kecap mengandung ragi yang jika dibiarkan tumbuh bisa merusak produk dan menimbulkan jamur. Karenanya, lebih baik simpan kecap dalam lemari pendingin setelah dibuka untuk menghambat kontaminasi bakteri penyebab sakit perut seperti staphylococcus.

Selai kacang

Lama penyimpanan optimal: 6 bulan

tempat: meja/lemari makan

Selai kacang tidak perlu disimpan di lemari es setelah dibuka, namun harus segera digunakan dalam jangka waktu 3-6 bulan. Layaknya selai lain, mengambil selai kacang pun harus menggunakan peralatan yang bersih untuk menghindari tumbuhnya jamur. 

Mayones

Lama penyimpanan optimal: 3 bulan

tempat: lemari pendingin

Mayones terbuat dari krim dan telur sehingga mudah rusak. Karena itu, mayones harus disimpnan dalam lemari pendingin setelah dibuka. Selain itu, produk ini harus dihabiskan dalam jangka waktu 3 bulan. 

Saus tabasco

Lama penyimpanan optimal: 6 bulan

tempat: meja/lemari makan

Tabasco hanya mengandung tiga bahan, cuka, cabai merah dan garam sehingga aman meskipun tidak disimpan di lemari pendingin. Namun, suhu ruangan yang panas bisa merubah warna dan rasa saus, sehingga beberapa orang menyarankan untuk menyimpan saus tabasco di dalam lemari pendingin agar lebih tahan lama. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya