Sakit di Pagi Hari, Kerja atau Rehat?

VIVAnews - Meski sudah tidur dan istirahat semalaman, tapi ketika bangun tidur tubuh terasa lemas dan tidak nyaman. Anda mulai merasa nyeri di bagian tenggorokan dan kepala. Suhu badan Anda pun tinggi.

Masalahnya, hari ini Anda akan melakukan presentasi di depan klien penting, dan atasan sangat membutuhkan Anda. Tapi, bagaimana jika Anda malah sulit berkonsentrasi atau justru menularkan penyakit Anda ke rekan ke lainnya?

''Bila Anda merasa kurang enak badan, seharusnya beristirahat di rumah, Penyakit sekecil apapun jika tak lekas diobati bisa berefek panjang,'' kata assiten proffesor University of California-Irvine School of Medicine, Catherine Cummins.

Lantas apa yang harus Anda lakukan? Cummins menyarankan beberapa hal, antara lain:

- Ketahui seberapa banyak pekerjaan yang bisa Anda kerjakan hari itu? Dalam kondisi sakit, tentunya volume pekerjaan yang bisa dikerjakan terbatas. ''Hitunglah berapa pekerjaan yang sanggup Anda selesaikan. Setelah itu, Anda bisa izin pulang kerja lebih cepat,'' kata Cummins.
 
2. Apakah penyakit Anda menular? Jika terjangkit penyakit menular misalnya flu, atau radang tenggorokan katakan pada rekan kerja. Anda pun harus memikirkan orang lain. Jangan sampai, jika Anda masuk kerja dan terbatuk-batuk sepanjang hari. Ada baiknya Anda beistirahat di rumah. Di tambah lagi, debu di jalanan jelas kurang bersahabat.

3.Ketika beristirahat di rumah, usahakan agar Anda merasa nyaman. Buatlah tubuh Anda ‘menguasai’ penyakit yang menjangkiti.  Menurut Cummins, dia kerap melihat kebiasaan buruk yang dilakukan kebanyakan orang sakit. ''Meski sakit bukannya beristirahat, mereka beraktivitas seperti biasa,'' ujar Cummins.

Lebih lanjut dia menjelaskan, mereka tidak menyadari bahwa hal tersebut bisa menyiksa diri mereka. Padahal perlu tambahan istirahat 1-2 hari agar kesehatan sepenuhnya pulih.

4. Orang sakit yang mengkonsumsi obat biasanya akan menggalami gangguan beberapa hal. Misalnya sulit berpikir fokus, bekerja berat, dan mengendarai kendaraan bermotor. Hindari menyetir di bawah pengaruh obat bisa berakibat fatal.

5. Terakhir, Cummins mengatakan, ''Berobatlah jika Anda merasa perlu. Jika obat bebas tidak ‘mempan’ mengobati keluhan Anda, berkonsultasilah ke dokter.”

Pesan Widodo Untuk Pemain Arema FC Usai Kalah Dari Rival 
Han So Hee

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?

Dalam unggahan panjangnya itu, Han So Hee terlihat merespon unggahan permintaan maaf Hyeri beberapa pekan lalu. Dia juga menyoroti tentang ungkapan hati Hyeri

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024