KONSULTASI: Cara Sembuhkan Mata Minus

Ilustrasi wanita poni
Sumber :
  • iStock
VIVAlife
Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick
- Penglihatan tidak selamanya normal. Kebiasaan buruk seperti membaca di tempat gelap atau menonton televisi terlalu dekat bisa mengganggu penglihatan. Akhirnya, mata jadi minus.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Jika sudah begitu, satu-satunya solusi untuk membantu penglihatan adalah memakai kacamata. Namun, terkadang itu membuat mata lelah dan justru menambah minus. Benarkah demikian?
Mengenali Tanda-Tanda Tantrum Tidak Normal pada Anak, Orang Tua Harus Merespons dengan Cermat


Simak tanya jawab pembaca VIVAlife
dengan dr. Rahajeng A.P. berikut.


Tanya:

Saya punya masalah mata minus, dan ingin normal. Apakah bisa disembuhkan? Apakah itu bisa dicapai dengan memakai kacamata setiap waktu, atau mengonsumsi obat herbal? Kata orang, kacamata justru membuat minus bertambah, apakah benar?


Terima kasih.


Bayun Duta

Jawab:

Halo,


Mata minus, atau dalam istilah medis disebut juga rabun jauh atau miopi tidak dapat sembuh total dengan minum obat-obatan medis maupun herbal. Miopi baru bisa disembuhkan dengan melakukan tindakan operasi lasik.


Pada miopi, terjadi perubahan atau kelainan pada kornea atau lensa mata, bisa juga bola mata, sehingga cahaya yang masuk ke tidak jatuh tepat di retina.


Bila tidak menggunakan lensa kacamata yang sesuai dengan ukuran minus ataupun plus, otot-otot mata akan bekerja jauh lebih keras ketika sedang melihat objek. Kontraksi otot mata yang berlebihan itu bisa menyebabkan mata lebih cepat lelah, sakit kepala, bahkan kelamaan bisa disertai strabismus (mata juling).


Itu mungkin yang dikatakan memakai kacamata justru menambah minus.


Karena itu, disarankan menggunakan kacamata yang ukuran lensanya paling sesuai. Temuilah dokter spesialis mata untuk mendapatkan penjelasan yang lebih detail. Semoga bermanfaat ya.


dr. Rahajeng. A.P




Anda memiliki masalah dan pertanyaan seputar kesehatan? Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@viva.co.id.


Masalah Anda akan dijawab oleh dokter ahli. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pembaca yang dijawab, akan ditampilkan melalui artikel di
VIVAlife
.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya