Ini Aturan Menyimpan Wine di Rumah

J.House Resturant & Wine Bar
Sumber :
VIVAlife
Seorang Pria Nekat Terobos Istana Negara di Malam Takbiran, Polisi Bilang Begini
- Anggur atau wine kerap disajikan baik sebagai minuman selamat datang atau welcome drink hingga pendamping saat menyantap hidangan utama.

Lengkap! Jadwal Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 Qatar

Minuman hasil fermentasi buah anggur ini pun sejak lama telah menjadi simbol kebahagiaan, kemenangan, cinta, kemewahan, dan kekeluargaan.
39 Unit SPKLU PLN di Sepanjang Tol Trans Sumatra Siaga Layani Pemudik, Ini Titik Lokasinya


Tentu saja tak hanya metode pembuatan, cara menyimpan wine pun juga memiliki aturan yang harus betul-betul diperhatikan, demi menjaga cita rasa otentik dan kualitasnya.


"Wine berkualitas dan bercita rasa tinggi sangat ditentukan oleh proses penyimpanannya. Aspek pengaturan yang akurat akan intensitas cahaya, kualitas udara serta suhu ruang penyimpanan memegang peranan yang krusial," seperti yang tertulis di rilis Modena Wine Cellar Scuderia Series yang diterima
VIVAlife
, Sabtu 16 Agustus 2014.


Dari segi temperatur, saat disimpan, wine juga harus terpapar suhu konstan atau tidak berubah-ubah agar terjaga kualitas cita rasa aslinya.


Tak hanya itu, cara meletakkan botol wine juga tak kalah penting, yakni harus diletakkan secara horizontal agar awet dan tahan lama.


Sedangkan dalam hal pencahayaan, botol wine sebaiknya tidak terkena cahaya terlalu terang, sehingga mutu akan lebih terjaga, jika rak diletakkan di tempat gelap.


Ruang pun sebaiknya bebas dari getaran atau vibrasi, juga kedap udara. Hal ini agar cita rasa wine tetap terjaga. Agar aroma tidak tercemar, makanan atau peralatan rumah tangga yang berbau menyengat harus dijauhkan dari rak penyimpan wine.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya