FOTO: Solitaire, Kota Mati di Tengah Gurun

Solitaire, Namibia
Sumber :
  • Flickr/Timothy Corbin

VIVAlife - Kota mati di tengah gurun seperti tempat Lightning McQueen tersasar di film Cars, ternyata sungguh ada. Lokasinya di Solitaire, pemukiman kecil di Khomas, dekat Namib-Naukluft National Park.

Persisnya, Solitaire ada di persimpangan Jalan C14 (menghubungkan Walvis Bay dan Bethanie) dan C24 (menghubungkan Rehoboth dan Sossusvlei). Itu rute utama menuju Namib-Naukluft National Park.

Sekilas, Solitaire seperti tak berpenghuni. Bangkai-bangkai mobil dipenuhi tanaman gurun seperti kaktus. Sejauh mata memandang, yang tampak adalah pasir dengan warna kuning keemasan.

Tak ada desa lain di sekitarnya. Hanya ada satu tempat pengisian bahan bakar, bengkel sederhana dengan stok ban terbatas, kantor pos, juga toko roti. Di dekatnya juga ada penginapan kecil.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Solitaire, Namibia

Flickr/Tee La Rosa

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Solitaire, Namibia

Panoramio/Rudiger Rickassel

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto

Meski serba terbatas dan amat terpencil, mengutip Amusing Planet, tempat itu sering dijadikan lokasi pemberhentian wisatawan.

Solitaire ada sejak tahun 1948. Transmigran Willem Christoffel van Coller membeli lahan dengan luas 33 ribu hektar itu. Van Coller membangun pondok mungil dengan dua kamar dan peternakan.

Beberapa tahun kemudian, baru ada toko kecil dan tempat pengisian bahan bakar. Toko itu juga melayani pengiriman pos. Kini, Solitaire juga punya restoran, bar, laundry, internet, dan tempat parkir.

Solitaire makin populer setelah muncul dalam buku karya penulis Belanda, Ton van der Lee. Buku berjudul Solitaire itu menginspirasi banyak wisatawan untuk mengunjungi daerah terpencil itu.

Solitaire, Namibia

Flickr/Jbdodane

Solitaire, Namibia

Flickr/Jbdodane

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya