Buah Ini Terasa Seperti Puding Coklat

Black Sapote, Buah Rasa Puding Coklat
Sumber :
  • Wikimedia
Pernah Anulir Vonis Mati Sambo, Kabar Majunya Suharto jadi Wakil Ketua MA Dikritisi

VIVAlife - Jika Anda merupakan penggemar cokelat, Anda patut mengetahui buah yang satu ini. Dinamakan Black Sapote atau sapote hitam, buah dengan kulit hijau ini lebih dikenal dengan sebutan buah puding cokelat.

Hal tersebut karena konsistensi dan cita rasanya yang mirip dengan puding cokelat. Banyak mengatakan buah dengan nama latin Diospyros digyna yang masih kerabat dengan buah kesemek ini bercita rasa sedikit pedas manis namun sangat mendekati rasa puding cokelat pada umumnya.

Prof Yudan dan Pejabat BPIP Melayat ke Rumah Kayla Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Saat matang, buah ini berdiameter 5 hingga 10 sentimeter dan daging buahnya memiliki warna cokelat gelap. Buah sapote hitam yang memiliki biji di dalamnya itu juga dapat langsung dikonsumsi dalam keadaan mentah. Banyak orang yang menyantapnya dengan menggunakan sendok seperti saat menyendok buah alpukat.

Perlu diketahui, sapote hitam ini ternyata rendah lemak dan kaya akan vitamin C. Ini alasannya banyak orang yang mulai menggunakan sapote hitam sebagai pengganti cokelat batangan yang lebih sehat saat membuat berbagai dessert lezat mulai dari puding, kue, mousse, hingga pie.

Pria 47 Tahun Ditemukan Tewas Bawa Bungkusan Pakaian Bekas di Trotoar Margonda

Walaupun berasal dari Meksiko timur, Columbia dan Amerika Tengah, buah unik ini juga dapat ditemukan di beberapa tempat lainnya seperti Australia, Filipina dan Florida.

Di Indonesia sendiri buah sapote hitam banyak dikatakan sebagai sawo hitam. Karena belum banyak orang yang mengetahuinya, tanaman buah ini digolongkan sebagai tanaman langka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya