Studi: Penyakit Mata Lebih Banyak Intai Kaum Hawa

Ilustrasi mata
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Wanita biasanya peduli dengan kebersihan. Namun dari sekian banyak usaha tersebut, hanya sedikit wanita yang peduli akan kesehatan mata.

Penelitian terbaru dari Optegra, rumah sakit khusus mata mengungkap bahwa seperempat wanita mengaku berbagi riasan mata dan sebagian besar dari mereka bahkan menggunakan eye shadow dan maskara yang sudah kedaluwarsa.

Penelitian tersebut juga mengungkap bahwa wanita kerap lupa mencuci wajah sebelum tidur dan kurang dari 10 persen wanita yang selalu membiasakan mencuci tangan sebelum menyentuh atau menggosok mata.

Sesungguhnya apa yang mencegah anda untuk mendapatkan mata yang sehat? Berikut beberapa panduan dari Optegra yang bisa anda hindari:

Jangan berbagi


Berbagi handuk dan riasan bisa menimbulkan infeksi pada mata seperti konjungtivitis. Kuman berkembang dalam lingkungan yang gelap, seperti tabung maskara, dan juga bisa berpindah melalui kuas riasan, kain atau handuk.

Sortir kosmetik

Pada umumnya kosmetik mengandung bahan pengawet yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri, namun menyimpan kosmetik di tempat yang panas akan membuat bakteri mudah berkembang. Selain membiasakan untuk mencuci kuas secara teratur, meraut pensil mata sebelum digunakan, ada beberapa aturan lain yang perlu anda tahu seperti:

Codeblu Divonis Gegar Otak Ringan Sebelum Tanding dengan Chef Arnold

•    Mengganti maskara dan eyeliner cair setelah tiga bulan
•    Mengganti alas bedak, krim eye shadow dan krim perona wajah setelah enam bulan
•    Mengganti pensil eyeliner, lip liner, eye shadow mata, perona pipi, bronzer tabur setelah dua tahun.

Hindari mengucek mata

Hal ini hanya akan menyebabkan lecet pada kornea mata, terlebih tangan Anda tidak selalu dalam kondisi bersih. Lecet ini bisa menimbulkan rasa perih pada permukaan mata dan menyebabkan mata merah.

Rajin membersihkan muka

Kondisi wajah dan kelopak mata yang berminyak  juga bisa menyebabkan iritasi pada mata, dan membuat mata kering. Untuk itu jangan pernah melewatkan mencuci muka di malam hari, bahkan selelah apapun anda.

Lepas lensa kontak

Hindari iritasi dengan tidak menggunakan lensa kontak saat berenang atau mandi, dan menggunakannya sepanjang malam.

Kurangi rokok


Kemungkinan perokok  memiliki mata kering hampir lebih dari dua kali lipat, dan lebih parahnya lagi, asap rokok ini juga membuat perokok pasif menderita iritasi mata dan mata kering yang lebih buruk.

Terlalu lama menatap layar

Bisa menimbulkan sakit pada mata, gatal, mata lelah, sakit kepala dan pandangan kabur untuk beberapa saat. Bagi Anda yang dituntut untuk sering menatap layar coba ikuti aturan 20-20-20 : fokus pada sesuatu sejauh 20 meter, selama 20 detik, dan setiap 20 menit.
 
Lindungi mata

Jika ingin melakukan pekerjaan rumah dan kebun dengan alat-alat, gunakanlah kacamata.

Perhatikan asupan makanan dan minuman Anda

Konsumsi alkohol secara berlebihan bisa memengaruhi kesehatan mata. Pastikan Anda minum banyak air sepanjang hari untuk menjaga kesehatan mata, mencegah dehidrasi dan iritasi.

Kacamata hitam

Akumulasi paparan sinar UV bisa meningkatkan risiko katarak atau degenerasi makula. Selain melindungi mata Anda dengan kacamata hitam, usahakan untuk tidak memandang matahari secara langsung. (ms)

Sumber: Female First

Petugas jasa penukaran valuta asing memeriksa lembaran mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta

Rupiah Mulai Perkasa Seiring Meredanya Konflik Israel-Iran

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Rabu pagi, 24 April 2024. Rupiah menguat sebesar 54 poin atau 0,34 persen ke posisi Rp 16.166.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024