Berapa Kali Anda Seharusnya Berlibur?

Ilustrasi kalender liburan
Sumber :
  • iStock
VIVAlife
Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?
- Idealnya, liburan dilakukan setiap delapan minggu sekali. Setidaknya, itu ukuran untuk para pekerja di Inggris. Sebab menurut penelitian, kelesuan mulai datang 56 hari setelah liburan usai.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Survei itu dilakukan terhadap dua ribu pekerja di Inggris. Sebanyak 77 persen orang percaya, tidak baik menjalani setahun penuh bekerja tanpa liburan. Namun, rata-rata hanya liburan dua kali setahun.
Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya


Itu pun hanya satu dari lima orang yang melakukannya secara teratur. Alasan utama mereka berlibur adalah lelah bekerja. Lebih dari sepertiga mengaku, mereka ingin hidup bukan hanya untuk bekerja.


Sementara setengah dari yang disurvei merasa motivasi untuk bekerja turun saat tubuh butuh liburan. Begitupula dengan produktivitas.


Sebanyak 60 persen menilai, produktivitas sebelum liburan di bawah lima dari skala 10. Sebanyak tiga per empat menilai, produktivitas itu naik jadi di atas delapan dari skala 10 setelah pulang liburan.


Meski ingin dan butuh liburan, pekerja tidak selalu punya kesempatan untuk itu. Lebih dari setengah responden mengaku kurang dana adalah penyebab utamanya. Penyebab selanjutnya adalah anak-anak yang harus sekolah, dan tidak punya pengganti di tempat kerja.


Ada kalanya, liburan dilakukan spontan. Seseorang bisa bangun dan tiba-tiba ingin berlibur bila ada masalah di kantor. Tetangga berisik, bos yang berlibur, dan konflik pasangan juga bisa jadi penyebab.


“Pulang liburan, akan ada perasaan segar. Tapi itu cepat menguap, terutama jika ada tekanan. Terlalu keras bekerja bisa membuat orang butuh liburan lebih cepat,” kata Kay Dixon dari situs wisata Holiday Hypermarket, yang memprakarsai studi, seperti dikutip
Daily Mail
. (ms)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya