Studi: Efek Negatif Rokok Berbekas Hingga 3 Generasi

Ilustrasi bungkus rokok
Sumber :
  • iStock
VIVAlife -
Hubungannya Diduga Retak karena Orang Ketiga, Begini Kata Syifa Hadju Soal Perselingkuhan
Merokok selama kehamilan berpengaruh buruk bagi kesehatan janin dalam kandungan. Namun, dari hasil riset terbaru, ibu hamil yang merokok mempengaruhi pertumbuhan cucunya di masa depan.

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

Para peneliti menemukan seorang wanita yang merokok selama kehamilan, cenderung memiliki cucu dengan berat badan berlebih pada usia remaja.
Bagi Mardani Ali Sera, PKS Harus Oposisi: Kita Beda dengan 02, Landasan Berpikir dan Asumsinya


Bila kedua nenek dari pihak ibu dan ibu hamil pun merokok, keturunan perempuannya akan memiliki tinggi dan berat badan lebih rendah daripada mereka dengan ibu dan nenek yang tak merokok.


Adapun ibu yang tidak merokok dan nenek yang merokok selama kehamilan cenderung memiliki cucu yang lebih tinggi. Cucu lelaki dan perempuan dari ibu nonperokok-nenek perokok memiliki massa tulang dan otot yang lebih besar.


Penelitian ini dilakukan di Inggris dan dipublikasikan dalam American Journal of Human Biology menunjukkan efek merokok saat hamil berefek kepada beberapa generasi.


Peneliti Profesor Marcus Pembrey mengatakan, efek nenek dan ibu yang merokok harus diperhitungkan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.


"Jika direplikasi, studi tersebut bisa menjadi model untuk analisis molekuler tanggapan transgenerational manusia," kata Pembrey seperti dilansir
Daily Mail.


Sejumlah studi menemukan, merokok selama kehamilan meningkatkan risiko bayi lahir meninggal, bayi lahir prematur, dan komplikasi saat kelahiran serta kelainan pada jantung bayi. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya