Studi: Suami Pensiun, Istri Stres

Ilustrasi pasangan lanjut usia
Sumber :
  • iStock
VIVAlife
Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool
- Pensiun merupakan masa, di mana suami dan istri memiliki lebih banyak waktu untuk bersama. Jauh dari stres dan tekanan karena pekerjaan.

Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep

Namun, menurut studi terbaru yang dilakukan peneliti di Italia, banyak istri mulai mengalami "
Pake Obat Kuat Malah Ga Berasa Apa-Apa di atas Ranjang, Kok Bisa? Begini Penjelasannya
retired husband syndrome ", setelah suami mereka pensiun. Hampir setengah dari wanita yang terlibat dalam penelitian mengeluh adanya peningkatan level stres, depresi, dan kurang tidur ketika pasangan mereka pensiun.


Para peneliti juga menemukan bahwa setiap satu tahun setelah suami pensiun, kondisi sang istri semakin buruk. Studi yang dimuat dalam jurnal
Study of Labor
juga mengungkap, hal ini, tidak hanya memengaruhi ibu rumah tangga saja. Namun, efeknya bisa lebih buruk pada wanita yang masih bekerja, sementara suami mereka tinggal di rumah.


"Kami menemukan bahwa efek pensiun lebih kuat pada wanita pekerja yang sudah dibuat stres oleh pekerjaan mereka dan memiliki sedikit waktu untuk memenuhi permintaan tambahan dari suami mereka yang sudah pensiun," ujar para peneliti seperti dilansir laman
Daily Mail
.


Salah satu penyebab terbesar stres adalah wanita dihadapkan dengan meningkatnya pekerjaan rumah tangga. Mereka juga harus berurusan dengan beban tambahan, seperti pendapatan yang berkurang hingga perhatian ekstra bagi pasangan.


Penelitian dilakukan oleh ilmuwan sosial Dr. Marco Bertoni dan Dr. Giorgio Brunello dari University of Padova. Keduanya melakukan analisis wawancara terhadap 840 wanita di Jepang selama tahun 2008-2013.


Jepang dipilih, karena Negeri Sakura itu dianggap memiliki peran
gender
tradisional yang kuat. Meski demikian, peneliti menuturkan bahwa hasil studi mereka bisa berlaku untuk banyak negara. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya