7 Alasan Mulai Berlari

Ilustrasi jalan kaki
Sumber :
  • iStockphoto

VIVAlife – Tahukah Anda, berlari tidak hanya baik untuk kesehatan jantung dan memperbaiki metabolisme tubuh. Tapi, memulai rutinitas berlari terkadang dirasa berat bagi sebagian orang.

Banyak alasan untuk menunda berlari, mulai dari malas bangun pagi, tidak ada waktu, hingga tidak punya sepatu yang tepat.

Tapi, alasan ini bisa menghilangkan semua rasa malas Anda. Apa saja?

Dimana saja dan kapan saja


Lari bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Tidak perlu trek lari atau harus di pagi hari. Kapan pun Anda punya waktu, lari saja. Jalanan kecil di sekitar rumah bisa menjadi rute menyenangkan untuk berlari. Sore, malam, ataupun pagi, tidak masalah.

Teman baru


Lari bisa membuat Anda mendapatkan teman-teman baru, terlebih bila ada komunitas lari di kota Anda. Lari bisa jadi semakin menyenangkan.

Menenangkan pikiran


Berlari bisa menenangkan pikiran. Saat Anda berlari, Anda bisa memfokuskan pikiran dan menelaah keputusan penting yang harus Anda ambil.

Mengejar target


Dengan berlari, Anda bisa berlatih mengejar target. Mulailah dengan target ringan seperti berlari selama 30 menit atau berlari setiap dua hari sekali, lalu tingkatkan target tersebut sekaligus melatih batas kemampuan Anda.

Panjang umur

Studi menyebutkan, mereka yang berlari secara teratur, meski hanya 30 menit, bisa memperpanjang umur seseorang.

Membakar kalori

Selama Anda berlari, bukan hanya otot kaki yang bekerja, tapi seluruh otot tubuh. Faktanya, dengan berlari Anda membakar kalori 50 persen lebih banyak.

Lebih bahagia


Lari memicu tubuh mengeluarkan hormon serotonin yang membuat kita lebih bahagia. Tidak hanya itu, lari juga membuat tubuh relaks sehingga kualitas tidur meningkat, yang berimbas pada rendahnya tingkat stres. (ms)

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!

Sumber: Huffington Post

Bea Cukai gagalkan peredaran kokain cair

Joint Operation Bea Cukai dan Polri Gagalkan Peredaran Kokain Cair dan Serbuk MDMA

Joint operation Bea Cukai dan Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya ungkap dua kasus tindak pidana narkotika jaringan internasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024