Trik Tata Rias bagi Wajah Berjerawat

Ilustrasi wanita pakai makeup.
Sumber :
  • REUTERS/David Mdzinarishvili

VIVAlife - Jerawat kerap membuat wanita kurang percaya diri untuk tampil keluar rumah. Bintik-bintik merah di wajah membuat tampilan wajah kurang menarik, apalagi jika terkena paparan sinar matahari. Sekalipun ditutupi dengan bedak, alhasil muka malah jadi berantakan dan jerawat semakin mengering.

Menurut penata rias selebriti Sally Cairns, yang telah bekerja sama dengan Katie Price dan Michelle Keegan, sebenarnya jerawat bisa tertutupi menggunakan make-up, hingga terlihat tak kasat mata.

Sayangnya, banyak orang menerapkan tata rias yang salah, sehingga jerawat justru malah tampil keluar bukan tertutupi oleh kosmetik.

Berikut merupakan cara mengaplikasikan tata rias yang tepat bagi wajah yang berjerawat, dilansir Female First:

Bersihkan kulit wajah

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mereka yang berjerawat adalah mencuci muka dengan facial wash, sebelum mengaplikasikan make-up. Pilihlah sabun muka yang tidak membuat jerawat menjadi kering atau mengelupas. Tujuannya adalah untuk mengurangi iritasi dan kemerahan pada kulit. Saat mengeringkan kulit, gunakan teknik tepuk dengan telapak tangan, jangan dengan handuk.

Produk bebas minyak


Setelah wajah dicuci bersih, gunakan kosmetik dasar yang berbahan dasar air agar kulit bisa tetap bernapas. Bubuhkan concealer untuk menutupi jerawat, lalu lapisi dengan foundation yang memilki warna satu tingkat lebih gelap agar jerawat tersamarkan. Setelah itu, gunakan bedak tabur dengan warna transparan agar riasan wajah tetap ringan. Selanjutnya, rias wajah sesuai kebutuhan.

Menghapus make up


Untuk menghindari jerawat tambah menjadi, jangan lupa menghapus kosmetik sebelum tidur. Gunakan susu pembersih dan penyegar agar kosmetik benar-benar terangkat, dan bubuhkan obat jerawat untuk mengurangi radang.

Terungkap, Wanita Open BO Ditemukan Tewas di Pulau Pari Dibunuh di Bekasi

Jaga kebersihan peralatan tata rias

Pastikan kuas dan spons yang digunakan berasal dari bahan alami dan bersih. Hindari menggunakan tangan dalam menerapkan make-up di wajah untuk mengurangi minyak dan bakteri yang menempel. (art)

Hasil Liga 1: Bali United Lolos ke Championship Series Usai Tekuk Persebaya Surabaya
Bursa kripto.

Cocok untuk Content Creator, Aset Kripto Ini Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto yang mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT, Web2 dan Web3 resmi diperdagangkan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024