5 Kota Terbaik di Dunia untuk Bersepeda

Seville
Sumber :
  • facebook.com/Sevilla

VIVAlife - Bersepeda merupakan salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap bugar. Di dunia ini hanya ada beberapa kota yang menyediakan fasilitas bagi pengguna sepeda. Umumnya sebagian besar tersebar di kawasan barat laut Eropa.

Negara-negara ini sudah sangat memahami manfaat bersepeda bagi lingkungan, yakni selain menyehatkan badan, bersepeda juga dapat mengurangi polusi udara.

Selain Eropa, ada pula negara di Asia yang dinilai sebagai tempat yang ramah bagi pengguna sepeda. Di mana saja? Berikut daftar lengkapnya seperti dilansir laman CNN.

Utrecht, Belanda

Kebanyakan orang mengetahui bahwa kota terbaik bagi pengguna sepeda di Belanda adalah Amsterdam. Namun, Negeri Kincir Angin ini sebenarnya memiliki kota lain yang diklaim sebagai kota teramah bagi pengguna sepeda di dunia.

Melanconglah ke bagian tenggara Belanda, tepatnya di Kota Utrecht. Lebih dari setengah penduduk di tempat ini bepergian dengan menggunakan sepeda. Bahkan, pemerintah setempat membangun sekitar 12.500 fasilitas parkir sepeda yang ditasbihkan sebagai terbesar di dunia.

Pengguna sepeda di Utrecht mendapatkan perlakuan yang sama seperti pejalan kaki. Helm dan pakaian dengan visibilitas tinggi jarang digunakan. Meski demikian, keamanan tetap terjamin dengan dibuatnya jalur khusus untuk sepeda.

Pengguna sepeda di kota ini tak hanya orang-orang dewasa, melainkan juga anak-anak. Bahkan keluarga bersepeda keliling kota bersama-sama merupakan pemandangan yang lumrah di Utrecht.

Seville, Spanyol

Hanya butuh waktu kurang dari satu dekade bagi Kota Seville di Spanyol untuk mengurangi kemacetan dan jam sibuk. Caranya, membangun jalur khusus bagi pengguna sepeda.

Pemerintah kota setempat membangun jalur sepeda sepanjang 80,4 kilometer dalam satu tahun. Saat ini, total terdapat jalur sepeda sepanjang 128,7 kilometer di kota tersebut.

Montreal, Kanada

Kota di Amerika Utara ini sudah mulai membangun jalur sepeda sejak 1980-an. Kini, Kota Montreal sudah memiliki jalur sepeda sepanjang 643,7 kilometer.

Sebuah survei menunjukkan bahwa hampir setengah dari populasi orang dewasa di kota ini bersepeda setidaknya satu kali setiap pekan. Namun, menurut Aref Salim dari Komite Eksekutif Montreal yang bertanggung jawab untuk transportasi massal, semakin banyaknya pengguna sepeda menjadi tantangan tersendiri.

Kopenhagen, Denmark

Tidak lengkap rasanya bila tidak memasukkan Kopenhagen ke dalam daftar kota-kota teramah bagi pengguna sepeda. Lebih dari setengah penduduk Kopenhagen menggunakan sepeda ke tempat kerja atau sekolah.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Tokyo, Jepang

Pengguna sepeda di Tokyo berbeda dengan kota-kota di Eropa. Warga Tokyo lebih banyak menggunakan sepeda mereka untuk jarak dekat ketimbang pergi ke tempat kerja yang lebih jauh.

Biasanya, sepeda milik warga Tokyo dlengkapi dengan keranjang untuk menaruh barang-barang belanja serta tempat duduk tambahan untuk anak kecil. (art)

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Muhaimin Iskandar Usai Pemilu 2024

Prabowo Bertemu Cak Imin, PAN: Jangan Langsung Artikan PKB Sudah Pasti Gabung

Setelah penetapan KPU, Prabowo selaku Presiden terpiih mendatangi markas PKB untuk menemui Cak Imin. Elite pendukung Prabowo pun ikut merespons.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024