Manfaat Tersembunyi Jalan Kaki untuk Kesehatan

Lomba Lari Menggunakan High Heels
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAlife - Untuk mendapatkan tubuh langsing, sehat, dan bugar, banyak orang yang mengunjungi pusat kebugaran. Padahal, untuk meraih itu semua tak harus mengeluarkan biaya mahal. Cukup jalan kaki. 
Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah
 
Mungkin lebih mudah dan cepat menggunakan kendaraan pribadi atau jasa ojek, ketimbang jalan kaki atau menaiki transpotasi umum. Namun, tak ada salahnya Anda coba berjalan kaki, bila lokasi yang dituju tidaklah jauh. 
Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Jalan kaki memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut, lima manfaat dari jalan kaki :
Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

1. Mengurangi stres

Menurut penelitian di Inggris, berjalan-jalan di luar di lingkungan yang hijau mengurangi kecemasan. Perjalanan ke taman akan memotong tingkat stres, kemarahan, dan depresi hanya dalam beberapa menit.

2. Meningkatkan kekuatan otak 

Sebuah studi dari Universitas Illinois menemukan bahwa orang yang berjalan kaki 45 menit sehari, selama tiga hari setiap minggunya mendapat nilai lebih tinggi pada tes bakat, daripada mereka yang hanya duduk santai.

3. Kurangi ngemil

Menurut penelitian Universitas Exeter, berjalan-jalan bisa memangkas dorongan ngemil Anda. Latihan meningkatkan jumlah endorfin rilis otak Anda, yakni membantu menekan nafsu makan Anda. 
 
4. Tidur lebih nyenyak

Orang-orang yang berjalan-jalan teratur lebih mungkin memiliki istirahat malam yang baik, dibandingkan yang bukan. Bahkan, jika mereka tidur dalam jumlah yang sama. Berjalan kaki meningkatkan tingkat energi Anda di siang hari, sehingga lebih mudah untuk tertidur di malam hari.

5. Melawan penyakit

Menurut National Institute of Health, berjalan kaki setiap hari selama 30 menit, dapat membantu mencegah serangan jantung, stroke, dan diabetes . Latihan ini membuat otot Anda lebih sensitif terhadap insulin, yang membantu untuk memindahkan glukosa dari aliran darah. 

Berjalan juga menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan kolesterol HDL yang sehat.



(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya