Ketika Pembunuh John Lennon Menanti Keputusan Bebas Bersyarat

John Lennon
Sumber :
  • beatles-unlimited.com
VIVAlife - Masih ingat dengan peristiwa pembunuhan mantan vokalis band legendaris The Beatles, John Lennon? Pekan ini, pembunuhnya, Mark Chapman dilaporkan akan dibebaskan secara bersyarat.

Seperti diberitakan Female First, Chapman yang melakukan penembakan pada Lennon Desember 1980 lalu itu telah menjalani hukuman 20 tahun penjara di Wende Correctional Facility, New York. Namun, hasil keputusan untuk bebasnya Chapman belum dirilis oleh Dewan Pembebasan Bersyarat. Menurut laporan, keputusan bebas bersyaratnya sudah bisa dibuat mulai 22 Agustus 2014.

Meski selama menjalani hukuman penjara ia memiliki catatan yang baik sejak tahun 1994, namun Dewan Pembebasan sempat menyatakan pembebasannya akan merusak penghormatan terhadap hukum.

Seperti diketahui Chapman beberapa kali mengajukan pembebasan bersyarat. Namun, beberapa kali pula keinginannya itu ditolak. Bahkan, istri dari John Lennon, Yoko Ono pernah mengajukan surat kepada Dewan Pembebasan Bersyarat untuk mempertimbangkan kembali pembebasan bersyarat yang diajukan Chapman. Ini dilakukan, lantaran Yoko khawatir pembebasan itu bisa membahayakan dirinya, anak-anaknya, dan si pembunuh berisiko diserang fans Beatles.

Jika keinginan bebas Chapman kembali ditolak, ia pun diberikan kesempatan kembali untuk mengajukan pembebasan bersayarat dua tahun lagi.

Selama di penjara, Chapman mengabdi sebagai petugas administrasi dan diperbolehkan menerima kunjungan dari istrinya, Gloria Chapman.

Chapman mengaku banyak mendapat hidayah selama berada di penjara. Ia, bahkan sebelumnya mengatakan telah bertemu dengan Tuhan saat berada di balik jeruji besi dan bersedia untuk tinggal di penjara untuk membayar kejahatannya.

Seperti diketahui, peristiwa penembakan Lennon terjadi 34 tahun silam, persisnya 8 Desember 1980, di belakang apartemennya, di New York. Chapman, ketika itu, menghujani tubuh Lennon dengan empat peluru. Dia dinyatakan bersalah atas pembunuhan tingkat dua. (asp)
Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh
Ilustrasi mobil polisi di lokasi kejadian.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Sebelumnya, karena perselisihan, Anggota TNI Prada Lukman dikeroyok di Pasar Cikini, Jakarta Pusat.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024