Yoga, Cara Sehat Meningkatkan Daya Ingat

Ilustrasi wanita terpapar sinar matahari
Sumber :
  • iStock
VIVAlife -
Media Korea Selatan Soroti Sepak Terjang Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23
Beberapa tahun belakangan, yoga yang merupakan salah satu praktik kesehatan dan kebugaran paling kuno di dunia kian populer. Namun, tahukah Anda bahwa yoga ternyata mampu membuat otak Anda berpikir lebih baik?

Pengadilan Tinggi Dominika Batalkan Larangan Hubungan Sesama Jenis

Ya, menurut sebuah studi yang belum lama ini dilakukan, melakukan latihan yoga secara konsisten selama delapan minggu dapat berdampak pada otak dan cenderung membantu untuk berpikir lebih cepat dan lebih baik dalam mengingat.
Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia


Studi yang dilakukan pada lebih dari 100 orang dewasa, dengan usia berkisar 55 hingga 79 tahun itu juga menunjukkan bahwa yoga bermanfaat dalam meningkatkan fungsi otak manusia. Hal ini, karena dalam sesi yoga biasanya seseorang diharuskan untuk fokus dan melakukan meditasi.


"Peserta dalam kelompok intervensi yoga menunjukkan perbaikan sistem kerja otak yang signifikan, terutama dalam kapasitas memori yang memang melibatkan proses pembaharuan informasi yang berjalan terus-menerus," jelas Edward McAuley, seorang profesor di University of Illinois dan co-penulis penelitian, dalam sebuah pernyataan seperti dilansir
Time.


Ia juga mengungkapkan bahwa para relawan dalam studi tersebut menunjukkan kemampuan mengerjakan tes yang sangat cepat tanpa mudah terganggu dengan hal-hal lain. Fungsi otak yang diperbaiki oleh praktik yoga ini merupakan fungsi mental yang relevan dengan fungsi sehari-hari, seperti misalnya dalam hal multitasking dan merencanakan kegiatan sehari-hari.


Studi tersebut, juga menyimpulkan bahwa berlatih yoga dapat meningkatkan fungsi otak ditingkatkan. Salah satu jenis yoga yaitu yoga hatha yang lebih banyak mengharuskan seseorang fokus dan melakukan meditasi yang dalam dalam waktu lama dianggap sangat baik untuk perbaikan fungsi otak manusia. Walaupun begitu, para peneliti mengatakan dibutuhkan studi jangka panjang untuk memahami dampak yoga pada mekanisme otak lebih lanjut. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya