5 Manfaat Tersembunyi Petai Cina

Petai Cina.
Sumber :
  • Stylecraze
VIVAlife - Membahas petai cina pasti tidak akan lepas dari santapan bernama botok. Tahukah Anda, jika petai cina merupakan suatu tanaman yang banyak digunakan di beragam negara sebagai pengobatan? 
Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

Di negara tetangga, petai cina dikenal dengan nama lead tree atau ipil-ipil. 
4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Melansir dari stylecraze, tanaman asli Asia Selatan ini ternyata memiliki segudang manfaat kesehatan dan juga kecantikan. Apa sajakah itu?
Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

1. Pembersih kulit
Petai cina memiliki enzim alami yang benar-benar baik untuk kulit. Enzim dapat memicu pembentukan kolagen pada sel-sel kulit. Dengan adanya pembentukan kolagen, kulit akan terhindar dari kekusaman, kering, dan keriput. Ekstrak daun petai cina juga dapat dijadikan toner kulit, untuk mengurangi kulit berminyak, melembapkan dan memberi nutrisi kesegaran pada kulit.

2. Sembuhkan penyakit kulit
Lebih tepatnya adalah psroriasis, suatu kondisi yang membuat kulit tampak kering, pecah-pecah, dan berwarna merah. Ini merupakan penyakit kulit yang cukup langka. Untuk mengobatinya, Anda bisa memanfaatkan benih atau biji-biji petai cina atau lamtoro ke bagian kulit psoriasis.

Biji petai cina dikenal sangat baik meredakan peradangan dan nyeri. Anda cukup menghaluskan petai dan membubuhkan ke kulit, atau bisa juga memakannya langsung.

3. Bebas cacingan
Petai cina juga dapat dijadikan solusi alternatif untuk memerangi cacingan. Hal ini dikarenakan adanya senyawa yang bisa membunuh cacing. Dalam pengobatan di Negeri Tirai Bambu, petai cina banyak dimanfaatkan untuk menumpas cacing gelang, dan cacing cincin yang suka bersarang di dalam tubuh.

4. Anti Kanker
Ekstrak biji petai cina juga sangat baik dalam menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko serangan penyakit kanker. Anda bisa menyeduh atau makan langsung petai cina, Anda bisa menjadikan lalapan atau bisa juga dimasak bersama sayur lain.

5. Cegah ketombe
Minyak yang diekstrak dari petai cina sangat ampuh dalam menangani masalah rambut di kepala. Tak hanya kerontokan tapi juga masalah ketombe. Minyak ipil-ipil yang diambil dari bibitnya dapat digunakan untuk anti jamur dan anti bakteri. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya