Studi: Tomat Tekan Risiko Kanker Prostat

Ilustrasi tomat
Sumber :
  • iStock
VIVAlife –
Proyek Ini jadi 'Game Changer'
Studi yang dilakukan University of Bristol, Cambridge dan Oxford di Inggris, menyebutkan bahwa konsumsi 10 buah tomat per minggu bisa mengurangi risiko kanker prostat hingga 20 persen.

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Borneo FC

Kunci dari keajaiban tomat terletak pada kandungan antioksidan bernama likopen, yang diketahui punya manfaat besar bagi kesehatan prostat.
Sosok Abu Shujaa, Komandan Perang Al Quds yang 'Bangkit' dari Kematian


Konsumsinya pun tidak harus tomat utuh, tomat olahan seperti saus tomat, jus tomat, sup tomat, bahkan topping tomat di atas
pizza
juga bisa memberikan manfaat kesehatan.


Oleh karena itu, para peneliti menganjurkan pria untuk menambahkan tomat dalam menu diet harian. “Buah-buahan dan sayuran hingga lima porsi sehari bisa meningkatkan kesehatan. Tambahkan tomat, untuk menjaga kesehatan prostat,” ujar Ketua Peneliti Vanessa Er dari Universities of Bristol.


Lebih lanjut, Er mengatakan penelitiannya merupakan studi pertama yang melihat hubungan menu harian dan gaya hidup, terhadap kanker prostat. Penelitian tersebut melibatkan 14 ribu pria usia 50-69 tahun.


Dari hasil penelitian, diketahui, mereka yang mengonsumsi 10 buah tomat selama satu minggu, risiko kanker prostatnya, 20 persen lebih rendah, daripada mereka yang tidak.


“Studi kami menemukan bahwa tomat bisa jadi merupakan kunci pencegahan kanker prostat,” papar Er, seperti dikutip
Daily Mail
.


Lebih lanjut, Er menganjurkan agar kaum adam lebih banyak mengonsumsi makanan sehat, termasuk buah dan sayuran ketimbang mengonsumsi suplemen.


Faktanya, kanker prostat merupakan penyakit kanker yang paling umum ditemukan terjadi pada pria. Tidak hanya itu, kecenderungan angka prevelensi kanker prostat terus meningkat di Indonesia.


Tahun 2013, prevalensi kanker prostat di Indonesia adalah 11 orang per 100 ribu penduduk. (ms)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya