FOTO: Melongok Rumah Sakit Khusus Boneka

Doll Hospital di Australia
Sumber :
  • REUTERS/Jason Reed

VIVAlife – Mainan seperti boneka, punya ikatan tersendiri bagi anak-anak. Ke manapun mereka pergi, boneka selalu menemani. Tak ayal, boneka tersebut disimpan hingga bentuknya tak keruan.

Tangan patah, kaki hilang atau bahkan leher boneka yang nyaris putus adalah hal yang lazim ditemui. Untuk itu, hadirlah rumah sakit istimewa yang ditujukan untuk “mengobati” para boneka.

Berlokasi di Sidney, Australia, “rumah sakit” ini dipenuhi para pekerja yang memperbaiki jari tangan, kaki dan kepala, hingga bola mata boneka kesayangan anak-anak dan membuat mereka terlihat seperti mainan baru.

Tempat ini telah ada selama lebih dari satu abad lamanya. Rumah Sakit Boneka dibuka pada tahun 1913 oleh Harold Chapman Sr sebagai bagian dari sebuah toserba. Pada saat itu, adik Harold memiliki bisnis impor boneka seluloid dari Jepang.

Selama proses pengiriman terdapat bagian boneka yang patah atau hilang dan Harold-lah yang menemukan cara untuk memperbaikinya. Ketika banyak pelanggan mengetahui Harold mampu memperbaiki boneka, mereka mulai membawa boneka rusak kepadanya dan sejak itu, lahir bisnis perbaikan boneka tersebut.

Bisnis ini kemudian diambil alih pada tahun 1930 oleh putra Harold. Di tahun 1939 saat Perang Dunia ke-II berlangsung, bisnis ini semakin berkembang dan bahkan sempat pula menerima perbaikan barang-barang lain yang terbuat dari kulit seperti tas, sarung tangan dan apa pun yang bisa diperbaiki.

Hal ini karena orang-orang memilih untuk memperbaiki apa yang sudah mereka miliki daripada membeli barang baru.

Saat ini Rumah Sakit Boneka dikelola oleh Geoff Chapman, anak Harold Jr yang terus melakukan perbaikan dengan semangat dan antusiasme yang sama seperti yang dimiliki sang ayah dan kakek.

Bisnis tersebut juga merambah ke perbaikan boneka antik dan modern, mainan serta kereta bayi dan kuda-kudaan bahkan koper, tas, payung dan porselen. Hingga saat ini, rumah sakit itu telah memperbaiki lebih dari 3 juta boneka.

"Tidak ada yang lebih memuaskan daripada melihat senyum di wajah seorang gadis kecil ketika ia datang untuk memperbaiki boneka kesayangannya," ujar Geoff, seperti dikutip dari kantor berita Reuters. (ms)

Lihat foto-foto proses perbaikan boneka di Rumah Sakit Boneka, Sidney, yang dipotret oleh Jason Reed dari Reuters:

Hasil Pertandingan Persik Kediri Vs PSS Sleman, 8 Gol dan 1 Kartu Merah

Doll Hospital di Australia

Rumah sakit boneka di Sidney, Australia ini memperbaiki segala macam boneka, mulai Teddy Bear hingga boneka plastik.

Saksi Ungkap SYL Setoran Uang Bulanan ke Istri Hingga Puluhan Juta

Doll Hospital di Australia

"Dokter" di Rumah Sakit Boneka tengah memperbaiki boneka yang rusak.

Sudah Menjenguk, Ayah Chandrika Chika Gak Nyangka Anaknya Pakai Narkoba

Doll Hospital di Australia

Boneka rusak diperbaiki dari awal, termasuk memperbaiki warna "kulit" boneka yang tadinya kusam menjadi kembali mengilap.


Doll Hospital di Australia

Seorang gadis kecil mengintip bonekanya yang tengah diperbaiki di Rumah Sakit Boneka.

Doll Hospital di Australia

Rumah Sakit Boneka tersebut telah berdiir lebih dari 100 tahun dan telah memperbaiki lebih dari 3 juta boneka.

Doll Hospital di Australia

Kepuasan terbesar para "dokter" di Rumah Sakit Boneka adalah melihat senyum di wajah anak-anak yang bonekanya berhasil diperbaiki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya