Sejuta Manfaat Buah Lemon

Ilustrasi lemon untuk kecantikan
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Buah lemon dikenal mengandung banyak vitamin C dan bisa diolah sebagai minuman segar. Tapi, bukan hanya itu saja kandungan manfaat dari segarnya buah lemon.

Secara turun-temurun, buah lemon juga diyakini memiliki khasiat lain. Termasuk untuk kecantikan kulit dan sebagai bahan alami yang mampu membantu Anda menurunkan berat badan.

Ingin tahu lebih jauh manfaat dari kandungan Lemon? Berikut daftarnya seperti dilansir Times of India:

Menurunkan berat badan

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati segarnya lemon. Salah satunya dengan meracik air perasan lemon dengan madu. Minuman ini bisa dinikmati setiap pagi. Bukan hanya sekadar menyegarkan, ramuan ini bermanfaat menurunkan berat badan dan membantu mengeluarkan racun tubuh.

Kronologi 3 Anggota Keluarga Tercebur ke Sumur, 1 Meninggal Dunia

Tapi ingat, jika ingin khasiatnya terasa maksimal, akan lebih baik ramuan air lemon ditambah madu ini dinikmati selagi perut masih kosong. Cara lain, Anda juga bisa menikmati segarnya air perasan lemon dengan tambahan air hangat yang diminum setelah makan. Ini, bisa bermanfaat melancarkan proses pencernaan dan meningkatkan metabolisme.

Mengusir jerawat dan komedo

Jangan khawatir, bagi Anda yang memiliki masalah kulit berjerawat dan berkomedo. Tak perlu pergi melakukan perawatan kecantikan mahal. Masalah ini juga bisa diatasi dengan lemon.

Lemon memiliki kandungan asam sitrat dan bersifat anti bakteri. Oleskan jus lemon pada wajah dengan kapas setiap hari. Jika dilakukan dengan rutin, wajah bisa bebas dari jerawat. Kandungan vitamin C dalam lemon juga membantu menjaga dan mempertahankan kesegaran kulit Anda.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Konsumsi air lemon secara rutin juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Bahkan mereka yang rajin mengonsumsi buah ini, bisa menurunkan risiko terserang flu dan demam.

Memutihkan gigi

Tak hanya sekadar baik untuk kulit, campuran satu sendok teh baking soda yang diramu dengan jus lemon, ternyata bermanfaat pula untuk memutihkan gigi. Caranya, oleskan ramuan tersebut pada gigi dan segera rasakan khasiatnya.

Mengusir ketombe

Lemon juga dapat digunakan untuk mengobati kulit kepala yang kering dan berketombe. Anda dapat mencampurkan minyak kelapa dan beberapa tetes air lemon lalu usapkan pada kulit kepala Anda secara teratur.

Meredakan stres

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lemon bermanfaat untuk meredakan stres dan mengurangi kecemasan. Jika Anda melakukan perjalanan jarak jauh atau sedang kelelahan, disarankan pula untuk mengonsumsi jus lemon. Hal ini karena minuman tersebut dapat mengembalikan dan meningkatkan energi Anda sehingga segar kembali. (ms)

Viral! Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Andika Perkasa Seperti Istana Pangeran Dubai
Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner

Erick Thohir Buka suara soal Dugaan Pemain Naturalisasi Dibayar Bela Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menegaskan bahawa pemain keturunan tidak dibayar supaya mau dinaturalisasi dan membela TImnas Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024