Bau dari Area Tubuh Ini Bisa Rusak Kepercayaan Diri

Perawatan Kaki
Sumber :
  • classicfaces.com

VIVAlife - Menjaga kecantikan memang perlu dilakukan, namun menjaga kebersihan tubuh juga tak kalah penting.

Seperti dilansir Shine, faktanya, beberapa bagian di tubuh memang mudah menjadi sarang kuman. Akibatnya, sering menimbulkan bau tak sedap yang dapat mengganggu penampilan dan interaksi Anda dengan orang lain.

Untuk itu, tak ada salahnya Anda memberikan perhatian khusus terhadap beberapa area ini:

Kaki

Bagian tubuh ini sangat mudah untuk dihinggapi kuman yang menimbulkan bau tak sebab. Sama seperti bagian tubuh lainnya, kaki juga mengeluarkan keringat. Namun perbedaannya, keringat di kaki seringkali tak dapat hilang dan mengering karena tertutup kaos kaki serta sepatu. Kulit yang lembab, lama-lama akan menjadi tempat tumbuhnya jamur dan bakteri yang nantinya akan menimbulkan bau tak sedap.

Justin Ko, MD, Profesor Klinis Dermatologi di Universitas Stanford menyarankan, tidak menggunakan sepatu yang sama setiap hari dan segera melepas sepatu Anda setelah berolahraga.

Menhub Budi Karya: Tiga Pelabuhan di Lampung Disiapkan untuk Arus Balik Lebaran

Ia juga menyarankan untuk memilih kaos kaki yang memiliki bahan menyerap keringat seperti polyester, nylon dan spandex. Bila kulit kaki Anda mulai berkeringat, segera bubuhkan bedak tabur untuk membuat kaki Anda tetap dalam kondisi kering.

Ketiak

Keringat di bagian tubuh yang dipenuhi rambut seperti daerah ketiak menjadi tempat yang mudah untuk berkembangnya bakteri penyebab bau tak sedap. Bakteri memang cenderung menyukai protein dan asam lemak yang dihasilkan oleh kalenjar keringat apocrine yang berkembang di area tersebut.

Richard Doty, pemimpin Smell and Taste Center di Universitas Pensilvania menyarankan agar menggunakan deodoran, atau parfum pada ketiak, 15 menit setelah mandi. Ini bertujuan agar ketiak benar-benar kering dan deodoran dapat berfungsi secara maksimal. Mencukur bulu ketiak secara rutin juga akan membantu mencegah timbulnya bau tak sedap.

Telinga

Siapa bilang bagian ini bebas dari bau tak sedap? Meski kelihatannya kecil, menurut Wendy Stern, Ketua Komite Media dan Hubungan Masyarakat untuk American Academy of Otolaryngology, telinga ternyata menjadi inkubator berkembangnya bakteri yang menyebabkan munculnya bau tidak sedap. Bisa disebabkan oleh kotoran maupun keringat.

Anda harus rajin-rajin membersihkan area ini. Gunakan tetesan cuka putih, atau alkohol untuk membersihkannya. Jangan menggunakan kapas, karena itu akan meningkatkan produksi bakteri dan jangan menggunakan cotton bud karena benda itu hanya akan mendorong kotoran semakin berada jauh ke dalam.

Mulut

Beberapa makanan seperti keluarga bawang memang menyebabkan timbulnya bau tak sedap pada nafas dan mulut Anda. Namun, penyakit seperti infeksi amandel, kasus radang tenggorokan, bahkan kanker bisa menyebabkan bau tak sedap ini terjadi.

Untuk mencegah berkembangnya bakteri semakin banyak, Anda bisa melakukan langkah-langkah pencegahan yang dimulai dengan menggosok gigi dua kali sehari. Dilanjutkan, dengan berkumur di pagi hari menggunakan moutwash alami seperti campuran garam sebanyak enam ons pada segelas air hangat. Banyak minum air putih, juga bisa menghilangkan bakteri yang ada di mulut Anda. (asp)

Siluet pria sedang berlari.

Deretan Ciri Satria Piningit yang Diramalkan Jayabaya

Apakah prediksi tentang Satria Piningit yang merupakan salah satu ramalan terkenal dari Prabu Jayabaya telah terbukti? Berikut deretan ciri Satria Piningit Jayabaya

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024