Rahasia Tidur Nyenyak di Malam Hari: Pisang

Sumber :

VIVAlife - Dalam kehidupan perkotaan yang penuh tekanan dan stres, tidur merupakan aktivitas esensial guna mengembalikan energi. Waktu tidur yang kurang berimbas pada rendahnya tingkat energi yang mengakibatkan tubuh terus-menerus merasa lelah. 

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa

Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, makan makanan siap saji dan minuman beralkohol membuat datangnya penyakit kronis semakin terbuka lebar. 

Pakar ilmu kesehatan holistik Dr Sohere Roked mengatakan, gaya hidup sehat yang termasuk di dalamnya, pola makan baik serta tidur cukup, merupakan kunci mendapatkan tubuh yang bugar. 

Cole Palmer Jadi Pusat Perhatian Jelang Man City vs Chelsea

"Tidur yang cukup, terutama, merupakan kunci kesehatan prima, karena istirahat yang optimal di malam hari bisa berkontribusi pada pengurangan berat badan, peningkatan kekebalan tubuh, juga perbaikan memori," ujarnya seperti dilansir laman Daily Mail.

Selain itu, Dr Roked mengatakan, jika Anda bergantung pada kopi dan gula untuk meningkatkan energi di siang hari, itu merupakan pertanda Anda kurang tidur.

Mayat Wanita 'Open BO' Ditemukan di Pulau Pari, Polisi Teliti Penyebabnya Lewat Cara Ini

"Gejala lainnya adalah selalu merasa lapar, lelah setiap waktu dan sering terkena flu," tambah Dr Roked.

Lalu bagaimana cara mendapatkan istirahat malam yang cukup? Banyak yang akhirnya bergantung pada pil tidur untuk mendapatkan tidur yang lelap. Padahal Dr Roked mengungkapkan, banyak cara alami agar Anda bisa terlelap tanpa bantuan obat-obatan. 

Seperti apa? 

Dr Roked menganjurkan untuk memasukkan pisang dan kacang-kacangan pada pola makan harian. Pisang mengandung senyawa alami yang bisa membuat tubuh merasa relaks sehingga lebih mudah terlelap, sementara kacang-kacangan kaya akan selenum dan potasium yang membantu tubuh memproduksi melatonin, atau hormon tidur.

Sayuran lain seperti bayam atau seafood, macam udang dan lobster mengandung zat besi serta triptofan yang akan diolah tubuh menjadi serotonin, atau hormon yang membantu tubuh merasa lebih santai. 

"Ganti menu makan malam dengan sayuran dan salad atau ikan laut karena akan membuat otak lebih relaks," ucap Dr Roked.

Selain itu, konsumsi teh hangat, seperti teh chamomile agar tubuh lebih siap untuk beristirahat. Kurangi asupan kopi di sore hari agar tubuh tidak terus-menerus terjaga. Begitu juga dengan alkohol. 

"Konsumsi alkohol memang bisa memicu kantuk, namun terlalu banyak alkohol justru membuat tubuh jauh lebih lelah," papar Dr Roked. 

Catatan penting lainnya adalah menjauhkan gadget dari tempat tidur. Televisi, komputer, tablet atau ponsel mengeluarkan sinar biru yang justru menstimulasi otak dan mengusir kantuk. 

Lebih baik, jauhkan gadget, lalu nyalakan musik yang menenangkan dan lakukan meditasi agar tubuh terasa santai menjelang tidur. Usahakan punya jadwal tidur teratur, dalam artian tidur dan bangun di jam yang sama, agar tubuh punya waktu rutin mengeluarkan hormon istirahat dan memperbaiki sel-sel yang rusak. (ms)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya