Buah Kering, Camilan Manis yang Sehat

VIVAnews – Makanan manis adalah sahabat sekaligus musuh wanita. Di saat-saat tertentu, misalnya saat mood sedang tidak baik karena pengaruh hormone, wanita cenderung ngemil makanan manis. Terutama cokelat dan kue.

Pernah Anulir Vonis Mati Sambo, Kabar Majunya Suharto jadi Wakil Ketua MA Dikritisi

Tapi makanan tersebut tentu mengganggu diet Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti camilan dengan buah kering.

Buah-buahan yang dikeringkan lebih disarankan untuk menjadi camilan Anda bila sedang ingin yang manis-manis. Misalnya apricot kering, kurma, kismis, mangga kering, dan sebagainya.

Prof Yudan dan Pejabat BPIP Melayat ke Rumah Kayla Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Mengapa buah kering baik untuk camilan? Tentu saja karena bahannya yang berupa buah. Pada dasarnya, buah kering adalah buah yang diambil airnya. Tapi segala nutrisi buah seperti vitamin dan mineral masih ada di dalamnya.

Apa saja manfaat buah kering?

Pria 47 Tahun Ditemukan Tewas Bawa Bungkusan Pakaian Bekas di Trotoar Margonda

• Kandungan gula
Kandungan gula dalam buah kering lebih banyak merupakan gula buah (fruktosa) yang lebih aman untuk kesehatan. Buah kering ini juga tinggi karbohidrat sehingga menjadi sumber energi tubuh.

• Kaya nutrisi
Buah kering adalah sumber berbagai nutrisi sehat. Misalnya kalsium yang dibutuhkan tulang, gigi, rambut dan kuku, magnesium yang berguna untuk menstabilkan tekanan darah, potassium yang menjaga system kardiovaskular dan antibengkak, natriun dan besi yang berguna untuk darah, serta serat yang dibutuhkan oleh system pencernaan.

Setangkup apricot kering atau kismis mencukupi kebutuhan potassium tubuh dalam sehari. Sedangkan 50 gram ceri kering mengandung vitamin B dan magnesium.

• Bebas pewarna makanan
Warna-warni buah kering sangat menggoda selera. Aprikot yang berwarna kuning cerah, kurma atau blueberry yang ungu tua, serta ceri yang merah segar.

Tapi buah-buah kering itu bisa dipastikan bebas pewarna makanan berbahaya. Semua warna cerah yang menggoda itu merupakan bahan pewarna alami yang menyehatkan.

Jadi, simpah buah kering di lemari Anda jika sewaktu-waktu membutuhkan camilan sehat. Tapi Anda tetap harus mengonsumsinya dengan batasan yang dianjurkan.

Simpan buah kering dalam toples yang kedap udara dan letakkan di lemari dengan suhu kamar. Jangan menyimpan buah kering terlalu lama agar tidak kadaluarsa dan kehilangan nutrisinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya