FOTO: Pantai Pasir Putih Tersembunyi di Kota Wonogiri

Pasir putih di Pantai Nampu
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAlife - Pantai dengan pasir putih tak hanya ada di Pulau Bali dan Lombok. Namun pantai pasir putih ini juga ada di Kabupaten Wonogiri yang terletak di ujung tenggara wilayah Jawa Tengah. 

Kamu Bisa Berbagi Foto Tanpa Internet, Ada Fitur Punya iPhone

Pantai itu namanya adalah Nampu. Pantai yang terletak di Desa Dringo, Gunturharjo, Paranggupito, Wonogiri, ini menawarkan pemandangan elok yang memanjakan mata. Hamparan pasir putih, karang dengan lautan biru menjadi andalan pantai ini.

Menjejakkan kaki di tempat ini memang membutuhkan waktu tempuh yang lama. Pantai Nampu berjarak sekitar 95 kilometer dari Kota Solo. Jika ingin mengunjungi pantai berpasir putih membutuhkan waktu sekitar tiga jam dari Kota Solo. Nampu sendiri berjarak sekitar 9 kilometer dari Kantor Kecamatan Paranggupito.

Rute perjalanan dari Solo bisa ditempuh melewati Sukoharjo-Wonogiri-Ngadirojo-Eromoko-Pracimantoro-Paranggupito. Selama perjalanan ke Nampu, akan disuguhi dengan bebatuan karst dan bukit-bukit dengan tanaman meranggas.

Meski cukup jauh, akses jalan ke tempat ini bisa dilalui. Sayang angkutan umum ke Pantai Nampu belum ada. Oleh sebab itu bagi masyarakat yang ingin menjejakkan kaki di pantai ini lebih baik menggunakan kendaraan pribadi.

Jarak tempuh yang cukup jauh dengan memakan banyak tenaga ini akan terbayarkan dengan pemandangan pantai di balik bukit ini. Suara deburan ombak masih terdengar dengan hamparan pantai yang biru akan benar-benar dirasakan.
Bahkan ketika para pengunjung yang ingin menikmati pantai ini saat jam sekolah atau kantor, hanya sedikit pengunjungnya. Jadi sensasinya seperti pantai milik pribadi.

Minuman khas di pantai ini adalah kelapa muda. Selain itu juga suguhan mie instan. Warga sekitar yang biasa menjajakan makanan itu. Karena minim dengan penjaja makanan, oleh sebab itu lebih baik pengunjung membawa makanan dari rumah.

Sigit Yulianto, Kasie Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kecamatan Paranggupito menyebutkan ada dua pantai yang terletak di wilayah ini yang menjadi incaran banyak wisatawan. Kedua pantai itu adalah Pantai Nampu dan Pantai Sembukan.

Menurutnya Pantai Nampu lebih menawarkan keelokan pantai dengan laut biru. Sedangkan Pantai Sembukan yang berada di barat Pantai Nampu menawarkan pantai dengan bebatuan karang.

“Kalau Pantai Nampu itu pengelolaannya diserahkan kepada warga. Tetapi kalau Pantai Sembukan sudah dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Wonogiri," ujar Sigit kepada VIVAlife.

Sementara itu tiket masuk ke Pantai ini hanya sekitar Rp2.000 ditambah dengan uang parkir kendaraan bermotor yang dipatok  Rp3.000. Dengan uang sekitar Rp 5.000, masyarakat dengan bebas menikmati Pantai Nampu. Tetapi untuk berenang di tepi pantai harus waspada. Mengingat di Pantai ini beluma ada SAR.

“Kalau ramai itu biasanya pas hari Sabtu dan Minggu. Selain itu juga pas liburan. Kemarin libur Lebaran ramai banget di sini,“ tutur Sudarmadi, salah satu warga yang ikut mengelola Pantai Nampu.

Antrean Warga di Depan Istana Presiden (Doc: Natania)

Open House di Istana, Warga Rela Antri Sejak Jam 6 Pagi Agar Ketemu Jokowi

Sejumlah warga, mulai berdatangan untuk menghadiri open house Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 10 April 2024. Jokowi, salat di Masjid Istiqlal.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024