Ini Enam Makanan Penguras Energi

Nasi putih
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Pernah bertanya-tanya mengapa di penghujung hari Anda kerap merasa kehabisan energi? Penyebabnya mungkin ada pada sarapan, makan siang atau camilan favorit.

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

Mengutip Women Health, pakar nutrisi Dawn Napoli, mengatakan makanan tertentu menurunkan energi seseorang, seperti enam makanan berikut:

Pisang

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU

Makanan tinggi magnesium seperti pisang, biji labu, menyebabkan rasa lelah. Magnesium merelaksasi otot dan sangat baik dimakan sebelum tidur. Tapi asupan mineral ini di siang hari akan menguras energi.

Roti tawar

BI Pastikan Masyarakat di Lebaran 2024 Dapat Uang Baru

Karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi pada roti tawar dan nasi putih akan memecah dengan cepat dan membuat aliran energi tubuh tidak stabil. "Anda akan cepat merasa lelah dibandingkan dengan asupan biji-bijian," terang Napoli.

Daging merah

Kandungan lemak yang tinggi daging merah seperti steak dan hamburger bisa membuat Anda merasa mengantuk.

"Butuh lebih banyak energi untuk mengurai daging sehingga tubuh fokus untuk mencernanya," kata Napoli. Dia menyarankan asupan ikan seperti salmon yang mengandung omega-3 yang membantu fokus dan fungsi otak, untuk asupan protein di siang hari.

Buah ceri

Berbagai studi menemukan, buah dan jus ceri membantu tidur lebih lelap karena mengandung melatonin tinggi. "Ini camilan yang sangat cocok di malam hari tetapi buruk di siang hari," katanya.

Permen

Camilan tinggi gula seperti kue dan permen akan membuat tubuh cepat kelelahan. "Gula akan membuat tubuh memproduksi insulin yang melepas asam amino triptofan di otak. Ini akan membuat Anda mengantuk dan merasa lemas."

Kopi

Minuman satu ini sering digunakan untuk membangkitkan energi. Tetapi Napoli menjelaskan, minuman kaya kafein seperti kopi dan teh mungkin menyebabkan kelelahan. "Kafein memberi ledakan fokus selama satu-dua jam namun akan membuat Anda kelelahan setelahnya." katanya.

Dia menyarankan untuk mengkonsumsi kafein 200-300 miligram sehari.

Untuk memperoleh energi terbaik sepanjang hari, sarapan adalah kuncinya. Asupan dari biji-bijian berserat, protein dan buah paling baik untuk mempertahankan energi. "Kombinasi ini akan membuat tingkat energi stabil sepanjang hari," ungkap Napoli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya