Marak Kekasih Virtual di Tiongkok

Ilustrasi pria cek ponsel
Sumber :

VIVAlife - Ada-ada saja cara masyarakat Tiongkok mengentaskan uneg-uneg di hati. Yang terbaru, dengan menyewa kekasih virtual. 

IHSG Dibuka Menguat tapi Minim Sentimen, Cermati Rekomendasi Saham Hari Ini

Mereka yang butuh teman untuk berkeluh-kesah tentang pekerjaan dan mendapatkan rasa simpati serta kata-kata menghibur sebagai balasan, bisa menyewa "telinga" di Taobao, sebuah laman e-commerce yang menyediakan kekasih virtual. 

Tapi, layanan kekasih virtual yang diberikan Taobao berbeda dengan gadis penghibur pada umumnya. Mereka yang mendaftarkan diri di laman tersebut bisa mendapatkan teman berkeluh-kesah dan kata-kata penghibur, yang rupanya kini sudah jarang didapatkan. 

Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf

Melansir laman Oddity Central, Taobao menyediakan beragam pilihan karakter kekasih virtual sesuai keinginan konsumen. Untuk pria, ada karakter gadis manis, keibuan, serta gadis sederhana. Sementara konsumen wanita bisa memilih karakter pria dewasa, kebapakan, atau maskulin. 

Biaya sewanya terjangkau. Mulai dari 30 yuan atau setara Rp60 ribu untuk layanan sederhana yang memberikan perhatian penuh, seperti membangunkan di pagi hari, mengucapkan selamat tidur di malam hari, mendengarkan Anda berkeluh kesah setelah pulang kerja, juga mengirimkan berbagai pesan penuh semangat seharian. 

Rey Mbayang Nyaris Meninggal saat Diving di Papua, Tabung Oksigen Bocor dan Kejang-kejang

Xiaomi, 20, mengatakan dia memutuskan mendirikan Taobao karena ingin membantu teman-teman prianya yang tidak punya tempat berkeluh-kesah. Dari hanya satu panggilan per hari, kini Xiaomi punya sekitar 500 konsumen per hari yang membutuhkan layanan curhat serta perhatian.

"Sungguh mengejutkan melihat betapa hausnya masyarakat masa kini akan perhatian dan kasih-sayang. Itu yang kami berikan di Taobao. Sedikit penghiburan serta telinga untuk mendengarkan keluh-kesah," katanya. 

Buah Bibir

Wajar saja jika Taobao sekarang menjadi buah bibir di Tiongkok. Terlebih dengan testimoni memuaskan yang ditinggalkan konsumen. Salah satunya menulis, "Hanya Rp60 ribu dan Anda mendapatkan semua yang Anda inginkan dalam seorang kekasih, tanpa drama". Sementara yang lain menulis lebih bahagia setelah menggunakan layanan kekasih virtual. 

"Saya bisa tertawa lagi. Tidak ada lagi stres karena pekerjaan," tulis pria tersebut. 

Popularitas Taobao bahkan mendapat komentar dari asosiasi kesehatan mental di Tiongkok, China Association of Mental Health. "Kami melihat kecenderungan bahwa masyarakat urban Tiongkok punya kehidupan sosial yang minim dan membosankan sehingga mereka membutuhkan layanan kekasih virtual," tutur Zhang Xiaoli, kepala China Association of Mental Health.

Disebutkan, konsumen Taobao didominasi kaum adam dan kebanyakan mereka meminta layanan kekasih virtual di malam hari. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya