Ketahui Lima Tanda Hipertensi

Pemeriksaan tekanan darah
Sumber :
  • istockphoto.com
VIVAlife - Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah masalah kesehatan umum yang dialami sejumlah orang. Jangan anggap remeh, karena ini bisa menyebabkan banyak risiko kesehatan.
Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Ada berbagai faktor yang mempengaruhi tekanan darah. Seperti usia, keluarga, obesitas, aktivitas fisik, merokok, dan konsumsi alkohol. Bila kondisi ini dibiarkan dan tidak diobati dalam waktu lama, dapat menyebabkan masalah serius lain. Gagal ginjal, gangguan jantung, dan stroke.
Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Bila Anda merasa memiliki riwayat hipertensi, ada baiknya mengetahui tanda-tanda hipertensi. Ini akan membantu Anda dalam mencari bantuan medis.
Rizky Nazar Diisukan Selingkuh, Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Berikut lima tanda hipertensi seperti dikutip dari Boldsky:

Sakit kepala

Bila Anda memiliki tekanan darah di atas 180/110 mmHg, sakit kepala bisa menjadi gejala yang menonjol. Sakit kepala pada umumnya terkait dengan hipertensi maligna, yaitu kondisi darah tinggi yang lebih serius.

Mimisan

Pendarahan dari hidung atau mimisan adalah tanda bahwa tekanan darah pada tubuh Anda sedang tinggi. Bila mimisan sulit berhenti, lebih baik berkonsultasi pada dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Bintik darah di mata

Kemungkinan bahwa titik darah atau pendarahan subconjunctival menjadi tanda hipertensi dan diabetes. Titik tersebut dapat dibersihkan oleh dokter mata setelah pemeriksaan cacat pada saraf optik.

Kesemutan

Kesemutan atau mati rasa pada bagian tertentu, bisa menjadi tanda awal stroke yang diakibatkan peningkatan tekanan darah. Hipertensi tidak terkontrol akan membuat kerusakan saraf yang menjadi alasan utama gejala ini.

Pusing

Pusing memiliki dua gejala penyakit, ringan dan vertigo. Hal ini tidak boleh diabaikan. Pusing bersamaan dengan pingsan, hilang keseimbangan dan kesulitan dalam berjalan dapat menjadi tanda stroke. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya