Pria, Makhluk Paling Lihai Berbohong

Ilustrasi pria bohong
Sumber :
  • iStock
VIVAlife -
Megawati Ajukan Amicus Curiae ke MK, Pakar Hukum: Upaya Intervensi Peradilan
Sebuah studi baru-baru ini telah menunjukkan bahwa pria lebih pandai berbohong daripada wanita. Studi yang sama mengungkap alasan berbohong berbeda di antara gender.

HUT Ke-61, Taspen Tegaskan Komitmen Genjot Kesejahteraan Masyarakat

Wanita bersikap tidak jujur untuk menghindarkan perasaan sakit hati atau marah orang lain. Sementara pria berbohong untuk memenangkan perdebatan atau mengenai masalah finansial.
Asia Business Council 2024, Menko Airlangga Kasih Bukti Ketahanan Ekonomi Indonesia


Seorang juru bicara untuk situs keuangan
PayingTooMuch
mengatakan pria rentan bersikap tidak jujur dengan rata-rata berbohong empat kali seminggu.


Pria juga lebih mungkin menipu untuk menolong orang lain dari kesulitan atau agar terlihat lebih baik di mata orang lain. 


"Kedua gender cenderung berbohong bahwa mereka dalam keadaan baik saat merasa tidak bahagia, atau berbohong tentang hadiah atau harga sesuatu yang dimiliki," kata juru bicara
PayingTooMuch
kepada
Daily Star.

Namun, bersikap tidak jujur menimbulkan masalah bagi banyak pelakunya. Sebanyak 42 persen peserta mengaku medapat masalah akibat kebohongan dan 27 persen kehilangan teman mereka.


Studi yang dilakukan di Inggris tersebut juga mengungkap beberapa hal yang sering menjadi sumber kebohongan seseorang. Antara lain jumlah asupan alkohol, wawancara kerja, merokok, merusak barang, pujian kepada orang lain, dan melakukan pekerjaan rumah tangga. (ms)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya