KONSULTASI: Jangan Sepelekan Nyeri Geraham

Ilustrasi periksa gigi
Sumber :
  • iStock
VIVAlife –
Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB
Sakit gigi merupakan keluhan yang umum dihadapi masyarakat Indonesia. Umumnya, nyeri gigi terjadi akibat saraf yang sensitif terhadap makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin.

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Namun, ada juga nyeri gigi yang terpusat di bagian geraham. Jika nyeri ini yang menyerang Anda, sebaiknya jangan disepelekan dan segera berkonsultasi ke dokter gigi untuk diketahui sumber permasalahannya.
Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?


Berikut adalah tanya-jawab pembaca VIVAlife
dengan dokter Tri Ari Wibowo dari


Tanya:


Selamat pagi Dok.

  

Saya Dwi Ristanti. Saya mau tanya Dok, saat gigi geraham yang paling belakang tumbuh rasanya nyeri, gigi yang lain juga sakit dan letak tumbuhnya itu lebih maju dari gigi di depannya. Adakah solusi untuk mengurangi rasa nyeri tersebut dan apakah gigi ini akan berdampak buruk untuk rahang atau yang lainnya?

Mohon jawabannya Dok.


Terimakasih


Jawab:


Salam Sehat,


Untuk permasalahan Anda cobalah memeriksakan diri ke dokter gigi untuk melihat struktur pertumbuhan gigi Anda. Penyebab nyeri pada gigi geraham biasanya karena adanya karies atau ada gigi geraham terakhir yang sedang tumbuh atau sulit tumbuh karena kondisi rahang yang kecil, sehingga menyebabkan impaksi atau tubrukan/tumpukan gigi.


Semoga informasinya bermanfaat.


dr. Tri Ari Wibowo






Anda memiliki masalah dan pertanyaan seputar kesehatan? Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@viva.co.id.


Masalah Anda akan dijawab oleh dokter ahli. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pembaca yang dijawab, akan ditampilkan melalui artikel di
VIVAlife.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya