Ini Dampak Buruk Laptop bagi Kesehatan

Sumber :
VIVAlife -
Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian
Keberadaan laptop saat ini seolah menggeser kehadiran komputer desktop. Ukuran yang tipis, ringan, mudah dibawa ke mana pun membuat kehadirannya mudah diterima dan sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat modern saat ini.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Di samping tawaran menggiurkan tentang kemudahan tersebut, ternyata laptop juga bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan. Mulai dari kekakuan pada otot, ketegangan mata, dan juga risiko kanker.
Indonesia All Star Diisi Pemain Terbaik Guna Hadapi Red Sparks


Mengutip Boldsky,
jika Anda terbiasa meletakkan laptop di pangkuan, panas yang dikeluarkan laptop akan memberi efek buruk bagi kulit. Sementara itu, bagi pria, panas ini perlahan akan membunuh sperma dan menurunkan kesuburan Anda.


Apa saja efek buruk komputer jinjing bagi kesehatan? Simak daftarnya di bawah ini:


1. Sakit punggung kronis


Anda yang biasa meletakkan laptop di pangkuan cenderung akan membungkuk atau posisi duduk yang semakin merosot. Hal ini akan menimbulkan sakit punggung di bagian bawah, bahkan menyebabkan spondilitis.


2. Ketidaksuburan


Bagi pria, panas yang dihasilkan laptop bisa merusak sperma dan radiasi yang ditimbulkannya bisa mempengaruhi kualitas serta motilitas sperma.


3. Sindrom penglihatan komputer


Ketika menggunakan laptop, Anda cenderung memandang dengan jarak yang lebih dekat jika dibandingkan dengan menggunakan komputer desktop. Hal ini mengembangkan sindrom visi komputer, yang menyebabkan ketegangan, kekeringan pada mata, juga meningkatkan daya mata Anda.


4. Sakit leher


Posisi Anda saat melihat laptop cenderung memaksa leher untuk lebih menekuk, hal ini menyebabkan leher kaku serta sakit leher kronis. Masalah postur ini mungkin juga menyebabkan spondilitis.


5. Sindrom kulit panggang


Panas yang dihasilkan laptop ketika berada di pangkuan akan menyebabkan perubahan warna kulit dan juga menimbulkan penyakit kulit lainnya.


6. Risiko kanker


Apakah kulit Anda terasa gatal dan panas ketika memegang laptop di pangkuan selama berjam-jam? Hal ini bisa mengakibatkan kanker kulit.


7. Jari berkedut


Tombol pada papan ketik laptop yang sempit jika digunakan selama berjam-jam akan membuat otot jari Anda berkedut dan mati rasa. Hal ini juga menyebabkan otot-otot jari beku selama beberapa waktu. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya