Menyusuri Sungai Musi Menumpang Kapal Tingkat

Jembatan Ampera membentang di atas Sungai Musi
Sumber :
  • ANTARA/ Eric Ireng

VIVAlife - Bila mengatakan Kota Palembang, maka tak lepas dengan Sungai Musi yang membelah kota tersebut dengan jembatan Ampera sebagai penghubungnya.

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Musi mempunyai panjang sekitar 750 kilometer, sehingga diberi predikat sebagai sungai terpanjang di tanah Sumatera. Bagi wisatawan, tentunya ingin menikmati lebih jauh lagi dengan daerah yang dialiri oleh Sungai Musi tersebut.

Untuk menikmatinya, wisatawan bisa menggunakan KMP Putri Kembang Dadar yang bisa mengantar pengunjung untuk mengarungi sungai dari dermaga hingga Pulau Kemaro.

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman

"Dari dermaga (dekat jembatan Ampera) hingga Pulau Kemaro berjarak sekitar 15-20 kilometer," ujar Yovi Antonius, awak kapal ditemui VIVAnews di Palembang, Rabu 17 September 2014.

Sebelum menuju pulau tersebut, penumpang bisa menikmati megahnya jembatan Ampera dan menonton kapal tongkang serta kapal ukuran besar yang sedang berlabuh.

Berlaku Progresif, Perjanjian Ekstradisi Indonesia-Singapura Bakal Libas 31 Pelaku Tindak Pidana

Yovi mengatakan, Pulau Kemaro sebagai destinasi wisata karena tempat tersebut cukup menarik, dengan adanya Pagoda serta makam Siti Fatimah yang menjadi kisah percintaan dengan seorang warga Tiongkok.

"Pulau Kemaro itu sangat ramai kalau pas Imlek dan Cap Go Meh, banyak yang berdatangan ke sana," jelas Yovi.

Namun, sayang, saat menuju ke Pulau Kemaro, KMP Putri Kembang Dadar tak bisa mendekati pulau tersebut. "Saat ini, sungai di sana cukup dangkal, jadi kita nggak bisa ke sana," ungkap Yovi.

Dalam kejauhan, sekitar jarak 500 meter, terlihat Pagoda berdiri tegak dengan dilapisi cuaca kabut sekitar Sungai Musi.

KMP Putri Kembang Dadar ini berada di bawah Dinas Perhubungan, yang mengoperasikan perahu tersebut bersama satu kapal lainnya, kapal Segentar Alam.

KMP Putri Kembang Dadar tersebut bisa ditumpangi oleh 120 orang. Untuk menyewa kapal dua lantai ini, relatif cukup mahal dalam sekali perjalanannya hingga kembali menuju kembali ke dermaga, yakni sekitar Rp7,5 juta.

"Makanya kebanyakan yang pakai itu instansi, kalau per orang itu rasanya berat," ujar Yovi. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya