3 Negara Tujuan Wisata Teraman

Kepulauan Faroe, Denmark
Sumber :
  • Faroe Islands/Erik Christensen
VIVAlife
1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
- Terkadang saat ingin jalan-jalan ke luar negeri, kita sering terkendala
travel warning
BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023
oleh pemerintah, karena negara tujuan sedang berkonflik. Lalu, bagaimana cara mencari tahu negara-negara tujuan wisata yang aman?
Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Setiap tahun sejak 2007, lembaga Global Peace Index merilis data tentang negara-negara paling aman di dunia. Sebuah data yang diukur berdasarkan perhitungan eksternal dan internal mereka.


Meski kini kecenderungan tindak kriminalitas meningkat, namun ada 3 negara yang dikategorikan sebagai paling aman sedunia.


1. Denmark
Dikutip dari Travel.amerikanki.com, Denmark sering masuk jajaran lima besar negara dengan kondisi teraman. Hal yang membuat mereka menjadi langganan daftar negara aman, karena fokus warganya lebih besar tertuju pada perkembangan ekonomi ketimbang mempertahankan wilayah negara. Hal itu terbukti ketika Copenhagen diduduki Nazi pada Perang Dunia II, tidak ada perlawanan berarti yang dilakukan. Danish, sebutan bagi orang Denmark, dikenal sebagai masyarakat yang ramah, terbuka, dan senang membantu. Wah, jadi ingat kalimat di buku PPKN zaman dulu tentang ciri-ciri masyarakat Indonesia ya?


2. Norwegia
Meski negara ini pernah diguncang peristiwa pembunuhan massal yang menewaskan lebih dari 80 nyawa, akibat bom yang dipasang pria bernama Anders Behring Breivik, namun hal itu tidak mengikis kepercayaan masyarakat dunia, bahwa negara ini masih menjadi salah satu tempat teraman di muka bumi. Buktinya Indeks Keamanan Global Norwegia masih tinggi, masyarakatnya pun dikenal moderat, ditambah pemerintah Oslo (pusat pemerintahan mereka) menjaga benar keamanan warganya.


3. Singapura
Meski kecil, Singapura dikenal sebagai negara yang aktif dalam berbagai kegatan internasional. Sejak memeroleh kemerdekaannya pada 1965, negara berlambang kepala singa itu selalu menjaga hubungan baik dengan negara-negara terangga, termasuk Indonesia. Itu sebabnya jarang kita dengar ada konflik antara Singapura dengan negara jiran. Masyarakatnya dikenal sebagai pekerja keras, dan tidak anti terhadap pendatang. Bahkan, angka statistik orang bunuh diri dan kejahatannya sangat kecil. Selain dinyatakan sebagai negara teraman di Asia Tenggara, negara itu juga mendapat pengakuan sebagai salah satu negara tersehat.


Jadi, negara mana yang menjadi tujuan jalan-jalan Anda tahun ini? 

(one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya