Tembang Indah Sulawesi dalam Sound of Celebes

Konser Sound of Celebes
Sumber :
  • Istimewa ImageD

VIVAlife - Untuk menghargai kekayaan budaya bangsa, KotaSeni Suropati (Komunitas Taman Seni Suropati) menggelar konser orkestra Sound of Celebes, pada Minggu, 21 September 2014, di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, Jakarta. Judul Sound of Celebes sendiri, datang dari kata-kata orang Portugis sebagai bangsa pertama yang menyebut Pulau Sulawesi dengan julukan Celebes.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Konser ini adalah apresiasi rasa cinta anak muda terhadap budaya Nusantara. Tema musik yang diangkat adalah lagu-lagu khas Sulawesi yang ditampilkan dengan aransemen indah. Pakarena, O Inani Keke, Anak Kukang, Esa Mokan, Ampuruk, Ma Rencong, Sipatokaan, dan Angin Mamiri, adalah lagu-lagu yang berhasil memukai penonton.

KotaSeni Suropati sendiri, terdiri dari 19 orang yang memainkan biola, viola, cello, dan gitar, dengan dipimpin sang konduktor Fanny Tsalasa.  Selama ini, komunitas ini konsisten dalam memajukan dunia seni pertunjukan melalui kegiatan yang diadakan di ruang publik.

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Berkembangnya kuantitas orang di dalam komunitas itu, membuktikan KotaSeni memiliki peran besar dalam melestarikan seni budaya Indonesia. “Saya antusias dengan penampilan kali ini, karena kami berkesempatan menggapai karakteristik penonton yang lebih luas dan berbeda,” ujar Fanny, yang juga menjabat ketua dari komunitas itu.

KotaSeni Suropati adalah komunitas berkesenian yang ada di Taman Suropati, Menteng, Jakarta. Mereka bergerak di bidang sosial melalui kesenian yang bersifat mandiri, berwawasan, berkarakter, dan kekeluargaan. Dengan keanggotaan terbuka, perkumpulan ini menjadi wadah apresiasi berkesenian bagi semua kalangan. Anda tertarik bergabung?  (ms)

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Kemenko Marves]

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua sekaligus anggota Dewan Sumber Daya Air Nasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024