Keputusan Jolie Angkat Payudara Bikin Wanita Lebih Peduli Kesehatan

angelina jolie kunjungi pengungsi suriah
Sumber :
  • REUTERS/UNHCR handout

VIVAlife-  Keputusan bintang Hollywood Angelina Jolie untuk mengumumkan di hadapan publik, bahwa ia telah melakukan mastektomi ganda-- pengangkatan dua payudaranya--, ternyata memengaruhi banyak orang untuk lebih peduli pada kesehatannya.

Bahkan, dua kali lipat perempuan di Inggris kini terpengaruh untuk melakukan tes kanker payudara genetik. Ini merupakan hasil studi yang dirilis Jumat pekan lalu.

Seperti dilansir Reuters, Jolie, 39, memang sering mengkampanyekan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan. Bahkan, sering pula ia menyerukan kampanye hak asasi manusia,

Mulai Lelah, Lin Jarvis Resmi Tinggalkan Tim Yamaha MotoGP

Tepatnya Mei tahun lalu, ia mengumumkan telah melakukan operasi pengangkatan dua payudaranya. Keputusan itu kata Jolie, ia ambil setelah mengetahui bahwa dia positif memiliki gen BRCA1 yang secara signifikan bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Istri dari Brad Pitt ini mengaku, sengaja mengumumkan hal itu, dan berharap kisah hidupnya bisa menginspirasi perempuan lain untuk melawan penyakit yang mengancam jiwa.

Para peneliti pun akhirnya mempelajari 21 klinik dan pusat genetik regional dan menemukan ada 4.847 arahan untuk pengujian pada bulan Juni dan Juli tahun lalu dibandingkan dengan 1981 pada periode yang sama tahun 2012.

Studi tentang apa yang disebut "efek Angelina", yang diterbitkan dalam jurnal Breast Cancer Research, menggambarkan soal penampilan glamor Jolie dan hubungannya dengan aktor Hollywood Brad Pitt untuk membantu mengurangi ketakutan perempuan tentang operasi.

"Angelina Jolie,  mungkin memiliki dampak yang lebih besar dari pengumuman selebritas lainnya. Mungkin karena citranya sebagai wanita glamor dan kuat," kata peneliti Gareth Evans dari badan amal Genesis Breast Cancer Prevention mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Ini mungkin mengurangi kekhawatiran pasien tentang hilangnya identitas seksual pasca operasi pencegahan dan mendorong orang-orang yang sebelumnya tidak terlibat dengan pelayanan kesehatan untuk mempertimbangkan melakukan pengujian genetik."

Kanker payudara adalah kanker yang paling umum diderita banyak wanita di seluruh dunia. Organisasi Kesehatan Dunia bahkan  emperkirakan bahwa lebih dari 521.000 wanita meninggal karena kanker payudara pada tahun 2012.

Sementara itu Jolie, dalam beberapa tahun terakhir menjadi pusat perhatian karena banyaknya kegiatan amal yang dilakukan. Di samping kegiatan syutingnya sebagai aktris, ia juga sibuk berkampanye atas nama pengungsi dan korban kekerasan seksual.

Mengingat banyaknya aksi kemanusiaan yang dilakukan, Jolie diangkat menjadi Goodwill Ambassador untuk UNHCR pada tahun 2001 dan dipromosikan menjadi Utusan Khusus Komisaris Tinggi Antonio Guterres pada tahun 2012. Sejak 2012, ia juga telah memimpin kampanye melawan kekerasan seksual di daerah konflik.

Kiper Inter Milan berdarah Indonesia, Emil Audero Mulyadi

Didekati Erick Thohir, Emil Audero Punya Statistik Mentereng di Serie A

Kiper Inter Milan, Emil Audero Mulyadi dikabarkan menjadi target selanjutnya naturalisasi Timnas Indonesia. Hal tersebut terungkap di akun Instagram Erick Thohir.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024