Studi: Wanita Derita "Mood" Buruk 5 Jam Seminggu

Ilustrasi wanita di kantor
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Sebuah studi yang dilakukan di Inggris, menyebutkan bahwa rata-rata wanita menghabiskan waktu lima jam dalam seminggu untuk mengasihani diri sendiri. 

Pengakuan Pochettino Usai Chelsea Dibantai Arsenal

Healthspan, firma kesehatan yang melakukan penelitian, menyebutkan mood buruk atau suasana hati buruk yang dialami wanita tersebut bisa dipicu oleh berbagai faktor, di antaranya ketidakpuasan akan bentuk tubuh serta rasa tidak aman dalam hubungan. 

Studi yang dilakukan menggunakan metode survei tersebut meneliti 1.000 wanita dengan kisaran usia produktif. Dari hasil survei diketahui lebih dari setengah partisipan mengaku kerap kali merasa moody atau tidak dalam suasana hati baik. Sementara 38 persen partisipan menyebutkan mood buruk mereka meningkat seiring pertambahan usia. 

KPU Akan Batasi Maksimal 600 Pemilih Per TPS untuk Pilkada 2024

Adapun hampir seperempat partisipan mengungkapkan pasangan merupakan penyebab suasana hati buruk. Beberapa pemicu lainnya adalah perubahan hormon saat menjelang menstruasi, juga saat mendekati usia menopause.

Dilansir Female First, penelitian Healthspan juga menyebutkan cuaca buruk ikut memengaruhi suasana hati kaum hawa. Di sisi lain, pemicu lainnya adalah pekerjaan yang menumpuk baik di kantor dan di rumah. 

Finance Minister, CEO MCC Discuss Transportation Sector Cooperation

"Perempuan merasa punya beban pekerjaan yang terlalu banyak. Mereka harus mengurus rumah dan keluarga, di sisi lain, mereka juga punya tanggung jawab di kantor. Hal itu bisa memengaruhi suasana hati dan kesehatan mental wanita," kata Sally Brown, psikoterapis Healthspan. 

Lebih lanjut, Brown mengungkapkan mood adalah barometer kesehatan mental secara keseluruhan. 

"Memiliki suasana hati buruk dari waktu ke waktu itu wajar, namun mood buruk yang terlalu sering bisa mengarah ke depresi," terangnya. 

Untuk itu, Brown menyarankan agar kaum hawa menyempatkan diri memiliki "me time" atau waktu bagi diri sendiri untuk menanggulangi mood buruk. 

"Memiliki me time untuk melakukan hal-hal yang disukai bisa memperbaiki mood dengan segera," tutur Brown. 

Selain itu, alternatif lain yang disarankan Brown adalah memperbanyak teman-teman yang bahagia. "Berada di lingkungan yang bahagia bisa membuat kita bahagia dan lebih cepat mengatasi mood buruk," imbuhnya. 

Cara lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan berolahraga secara teratur. "Sudah terbukti, olahraga bisa meningkatkan hormon oksitosin dan serotonin yang membuat kita merasa bahagia," papar Brown.

Dari hasil penelitian, kaum hawa juga menyebut cara mereka mengatasi bad mood adalah dengan berbelanja, membaca buku, atau mengudap cokelat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya