KONSULTASI: Solusi Atasi Hidung Tersumbat

Ilustrasi hidung penciuman
Sumber :

VIVAlife – Hidung tersumbat merupakan gejala penyakit yang kerap diasosiasikan dengan pilek dan flu. Padahal, hidung mampat tidak melulu akibat flu, terdapat hal-hal lain yang bisa menyebabkan hidung tersumbat.

Seperti apa? Simak tanya jawab pembaca VIVAlife dengan dokter Rahajeng A.P, dari MeetDoctor di bawah ini:

Tanya:

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Rabu 17 April 2024

Perkenalkan, saya RD umur 17 tahun. Saya ingin konsultasi dan bertanya. Saya mempunyai keluhan pada hidung saya, yaitu sering terjadi hidung mampat/tersumbat di saat musim flu/pilek maupun musim kemarau, di bagian lubang hidung kiri juga kanan. Walaupun kondisi sedang fit dan tidak sakit, saya tetap merakasan hidung mampat.

Keluhan hidung tersumbat ini sudah saya rasakan selama 3 tahun.

Pertanyaan saya, apakah hal itu wajar atau tidak? Dan apa yang terjadi pada hidung saya? Lalu Solusinya bagaimana?

Terimakasih.

Jawab:

Halo, dari info yang anda berikan, kemungkinan anda mengalami rhinitis alergi.

Referensi medis menyatakan bahwa alergi memang tidak dapat disembuhkan, karena sesungguhnya alergi bukan suatu penyakit melainkan suatu reaksi hipersensitifitas tubuh anda terhadap suatu alergen.

Alergen bisa bermacam macam, bisa debu, bulu hewan, udara dingin, dan banyak lagi. Anda perlu mencari tahu ketika terpapar apa alergi tersebut bisa muncul.

Solusi untuk meringankan gejala tersebut yaitu dengan menghindari alergen tersebut. Salah satunya yaitu menggunakan masker bila perlu, Penggunaan obat alergi berguna untuk meringankan gejala, namun supaya gejala tersebut tidak muncul yaitu dengan menghindari pencetus alergi tersebut.

Semoga membantu

dr. Rahajeng A.P.

MeetDoctor



Anda memiliki masalah dan pertanyaan seputar kesehatan? Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@viva.co.id.

Masalah Anda akan dijawab oleh dokter ahli. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pembaca yang dijawab, akan ditampilkan melalui artikel di VIVAlife.

Terpopuler: Negara Paling Bahagia di Asia sampai Ramalan Zodiak
Qatar vs Timnas Indonesia U-23

Terpopuler: Netizen Serang Wasit Nasrullo Kabirov, Ivar Jenner Sebut Qatar Badut

Wasit Nasrullo Kabirov menjadi sorotan. Netizen menyerang pengadil asal Tajikistan tersebut karena dianggap banyak merugikan Garuda Muda.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024