Kebiasaan Berkeramas Ini Picu Kerusakan Rambut

Ilustrasi rambut
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Berkeramas  atau mencuci rambut bisa menjadi bagian dari relaksasi karena bisa menyegarkan kulit kepala. Tapi, hati-hati, meski kegiatan ini terlihat sepele, tetap harus dilakukan dengan benar.

Perlu Anda tahu, masalah rambut seperti kusam dan berketombe nyatanya dapat timbul akibat kesalahan saat mencuci rambut. Untuk itu, Anda juga wajib tahu, cara keramas yang bisa merusak rambut seperti dilansir goodhousekeeping.com.

Keramas setiap hari

Jika Anda terlalu sering keramas setiap hari maka kulit kepala akan lebih kering dan minyak alami yang ada di kepala akan berkurang. Sebaiknya Anda keramas setiap dua hari sekali

Sering ganti sampo

Beberapa orang pikir jika sering mengganti merk sampo akan bisa membuat rambut tetap terlihat sehat. Jika terlalu sering memakai sampo dengan merk yang berbeda-berbeda maka rambut akan lebih mudah rusak, seperti ketombe makin banyak, rambut mudah patah, dan rontok.

Sampo dan kondisioner berlebihan

Ini hanya akan merusak rambut dan kulit kepala Anda. Lebih baik saat keramas, gunakan sampo  atau kondisioner secukupnya dengan ditambah air.

Tidak pernah menggunakan kondisioner

Jika rambut ingin terlihat indah dan sehat, gunakan kondisioner setiap kali Anda mencuci rambut dengan sampo.

Terlalu sering pakai air panas

Mandi pagi memang terasa lebih nikmat memakai air panas. Namun temperatur air yang terlalu tinggi bisa membuat rambut dan kulit kepala jadi kering. Jika tak tahan keramas dengan air dingin, gunakan air hangat suam-suam kuku.

Air hangat memang berguna untuk membuka kulit kepala sehingga memungkinkan sampo dan kondisioner untuk melakukan pekerjaannya. Sedangkan air dingin membantu menutup kulit kepala sehingga menahan kelembapan dari kondisioner, yang membantu rambut Anda terlihat berkilau dan sehat.

Kata Media Asing usai Timnas Indonesia Tekuk Australia: Impian Shin Tae-yong Bakal Jadi Kenyataan

Saat membilas rambut sebaiknya dengan air dingin. Jika Anda tidak suka dengan air dingin, penata rambut merekomendasikan untuk membilas rambut dengan menuangkan secangkir cuka sari apel yang dicampur dengan dua gelas air untuk membilas rambut. Cuka sari apel ini adalah bahan lembut untuk membersihkan rambut dari sampo.

Tidak bersih membilas rambut

Anda tidak membilas kepala dengan bersih. Busa sampo yang masih tertinggal pada kulit kepala dan rambut dalam waktu yang lama dapat menyebabkan timbulnya serpihan putih layaknya ketombe. Jika hal ini dibiarkan, tumpukan sisa sampo akan membuat rambut rapuh dan rontok. (ren)

Suasana di salah satu tempat pelayanan kesehatan masyarakat di Surabaya. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)

61 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Surabaya, Kenali Gejala-gejalanya

Sebanyak 61 kasus flu singapura terdeteksi di Surabaya, Jawa Timur sepanjang Januari hingga 16 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024