FOTO: Menguak Kotak Memori Didi Budiardjo

Busana Karya Didi Budiardjo
Sumber :
  • Dok. Vickar Adam

VIVAlife – Mengusung tema "Curiosity Cabinet", desainer Didi Budiardjo merayakan seperempat abad dia berkarya di dunia mode. Bertempat di Ballroom Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Didi membuka kotak-kotak memori selama 25 tahun dan mewujudkannya dalam gaya kekinian.

Hal tersebut terlihat dari tata interior ballroom. Tamu undangan dibawa menuju dunia fantasi Didi, sebuah teater memori. Kain-kain putih yang menjuntai di pintu masuk menggambarkan lapisan memori Didi, sedangkan cermin yang terpasang di sepanjang koridor mewakili kenangan yang berulang.

Penjelasan BI soal Layanan Alipay Mau Masuk Indonesia

Adapun, ruangan ballroom yang dibalut warna hitam menjadi cerminan sisi gelap desainer berkacamata tersebut. Semua itu kemudian menjelma dalam koleksi busana penuh nuansa.

“Tiap sisi dasar otak manusia, terdapat tempat di mana memori tersimpan rapi, dari yang menyenangkan hingga yang gelap sekalipun,” ujar Didi.

Lebih lanjut, Didi mengungkapkan hal yang menjadi inspirasinya dalam menggelar koleksi baru tersebut. “Curiosity Cabinet merupakan koleksi yang terinspirasi dari apa yang telah saya koleksi, apa yang telah saya lakukan dan apa yang akan saya lakukan di masa depan,” paparnya.

Tidak hanya mengejawantahkan mimpi dan kenangan dalam bentuk busana, Didi juga menghadirkan sisi liar fantasi tersebut dalam bentuk hewan mitos, hippocampi, yang namanya diturunkan dari istilah biologi otak besar, lobus temporal atau hippocampus.

Konon, hippocampi terlahir sebagai makhluk komposit dengan bagian kepala berbentuk kuda dan ekor ikan. Tubuhnya bersisik dan memiliki sirip ikan, juga surai kuda. 

Hewan mitos tersebut menjadi latar belakang 56 koleksi busana yang disajikan Didi.

Di awal pertunjukan, Didi menyuguhkan rangkaian busana pengantin nan elegan. Perlahan, panggung mode berganti gaya. Nuansa oriental, gaya bohemian, napas lady like, serta gaun pesta hadir silih berganti.

Pun soal warna, Didi tidak menetapkan tema tertentu, putih, merah, hitam, emas, dan metalik mewarnai panggungnya. Sesekali, biru, ungu dan hijau meningkahi.

Begitu juga urusan detail, Didi menuangkan seluruh kreativitas dan napas seninya. Bekerja sama dengan desainer aksesori Rinaly A. Yunardi, Didi menyajikan pergelaran busana yang begitu dramatis.

Namun, rangkaian perayaan 25 tahun Didi Budiardjo berkarya tidak hanya berhenti pada fashion show semata. Selanjutnya, Didi juga akan menghelat pameran fashion di Museum Tekstil pada 6-15 Januari 2015 serta instalasi seni di Senayan City pada 5-15 Februari 2015.

Lihat foto-foto lainnya ini. (art)

Pendaftaran Petugas PPK Dimulai, KPU Depok Akan Rekrut 55 Orang
Vidi Aldiano

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

Selebriti Vidi Aldiano mengaku suka belanja online dan berburu gratis ongkos kirim. Hal ini ia terapkan demi menghemat pengeluaran.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024