Pikat Turis Jepang, JKT48 Jadi Ikon Pariwisata

Personel JKT 48 di panggung.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews -
Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan
Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menunjuk grup idola JKT48 menjadi duta pariwisata bagi kota Jakarta. Hal itu salah satunya dilakukan guna menarik pasar wisatawan yang berasal dari negara Jepang.

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia

"Kemarin kita sudah lakukan MoU dengan manajemennya. Mereka akan berperan sebagai brand ambassador bagi kota Jakarta. Ini tentu untuk menarik pasar wisatawan dari Jepang, karena Jepang itu masih menjadi salah satu pasar utama pariwisata Jakarta," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya DKI Jakarta Arie Budiman di Balai Kota Jakarta, Rabu, 8 Oktober 2014.
Video Honda HR-V Parkir di Jalan Sempit, Bikin Macet dan Sulit Dilewati


Arie mengatakan, bersama dengan manajemen JKT48, pihaknya akan memanfaatkan keberadaan basis massa yang besar dari penggemar genre idola seperti itu untuk meningkatkan arus wisata ke kota Jakarta. Karena seperti diketahui, JKT48 merupakan pecahan lokal dari grup idola 'AKB48' yang berasal dari Jepang.


"Kita harus memposisikan mereka (fans AKB48) sebagai pasar yang potensial untuk berkunjung ke Jakarta," ujarnya.


Dengan begitu, diharapkan juga para penggemar AKB48 ataupun JKT48 yang saat ini kebanyakan adalah para remaja berusia belasan tahun di Jepang bisa menjadikan Jakarta dan Indonesia sebagai tujuan wisata utama mereka di saat mereka sudah tumbuh dewasa nanti.


"Untuk pariwisata Jakarta, sekarang kita mulai membidik generasi muda sebagai target jangka panjang. Karena setelah mereka dewasa, mereka yang akan ambil keputusan sendiri untuk melakukan perjalanannya," ucap Arie.


Sebagai agenda pertamanya, JKT48 dijadwalkan akan melakukan pertunjukan sambil melakukan promosi program
Enjoy Jakarta
dari Dinas Pariwisata DKI di kota Tokyo, Jepang, pada bulan November 2014 nanti.


Arie menuturkan, bila strategi promosi pariwisata kota Jakarta melalui saluran seni dan budaya ini berhasil, maka pihaknya juga berminat untuk melakukan strategi yang sama dengan jalan menunjuk duta pariwisata khusus Jakarta sesuai dengan pasar wisatawan yang dibidik.


"JKT48 ini baru yang pertama. Kalau kita mau, setiap destinasi itu nanti mestinya ada endorsernya sendiri," ujar Arie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya