Ragam Manfaat Kesehatan Buah Durian

Sumber :
  • Fruit Warehouse
Tas Istri Daniel Mananta Dicopet di Mall, Dompet dan HP Raib
VIVAlife - Durian. Sebagai masyarakat Indonesia, durian adalah salah satu buah favorit. Begitu juga dengan masyarakat yang tinggal di negara-negara di wilayah Asia Tenggara. Walaupun sering dianggap memiliki aroma yang menyengat. durian telah lama disebut sebagai raja buah-buahan.

Gus Yahya Sebut Rencana Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia Sudah Didengar Sejak 2018
Mungkin karena bentuknya yang begitu unik. Walaupun begitu, buah berduri ini ternyata memiliki sederet manfaat kesehatan yang telah terbukti. Berikut diantaranya seperti dilansir Malaysiandigest;

Gus Yahya Berkelakar soal Jabatan Menteri di Kabinet Selanjutnya: Jangan-jangan NU Semua
1. Sumber energi yang sangat baik
Satu porsi buah durian menggandung sebanyak 243 gram dan mencakup sekitar 20 persen kabohidrat dari jumlah asupan harian yang disaranlan. Mereka yang sedang melakukan diet memang tidak mengkonsumsi durian, namun pelari dan atlet umumnya berusaha mendapatkan energi ekstra dari karbohidrat dengan mengkonsumsi buah ini.

2. Menjaga kesehatan pencernaan
Salah satu manfaat dari buah durian adalah kandungan seratnya yang tinggi. Setiap porsi durian mengandung sekitar sembilan gram serat yang merupakan 37 persen dari kebutuhan harian Anda. Mengkonsumsi cukup serat dapat membantu melancarkan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh.

3. Mengandung lemak baik
Satu porsi buah durian mengandung lebih dari 350 kalori dan 13 gram lemak. Untungnya, lemak tersebut merupakan jenis lemak baik yang mampu membantu menjaga kesehatan tubuh Anda. Namun, tetap pastikan Anda membatasi konsumsi buah ini.

4. Tinggi akan vitamin C 
Vitamin C adalah salah satu jenis nutrisi yang banyak dikandung oleh durian. Manfaat vitamin C antara lain melawan penyakit, membantu dalam penyembuhan luka, membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan aliran darah.

5. Kaya akan zat besi dan tembaga
Durian tinggi akan zat besi dan tembaga. Tembaga dan besi dibutuhkan dalam pembentukan dan penciptaan sel-sel darah merah yang sehat. Durian juga mengandung mangan yang membantu menjaga kesehatan tulang dan kulit. 

6. Tinggi kalium
Kalium adalah elektrolit penting yang membantu mengontrol tekanan darah, menjaga kadar natrium tubuh dan membantu mengatur detak jantung.

7. Sumber triptofan yang baik 
Triptofan juga dikenal sebagai obat tidur alami. Zat kimia ini dimetabolisme tubuh menjadi berbagai neurotransmitter dan dapat membantu menginduksi tidur juga menjadi pengobatan untuk epilepsi.

8. Menyehatkan saraf
Durian juga mengandung thiamin yang jumlahnya 30 persen dari asupan harian yang direkomendasikan. Thiamin dapat membantu tubuh Anda memetabolisme karbohidrat menjadi energi dan menjaga kesehatan otot dan saraf. 

9. Mencegah penyakit kardiovaskular
Durian mengandung kadar folat yang cukup tinggi. Folat membantu dalam mencegah penyakit jantung, perkembangan janin bagi wanita hamil dan bahkan membantu fungsi otak dengan baik. Satu porsi durian mengandung sekitar 20 persen kebutuhan folat Anda sehari-hari.

(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya