Waspada, Efek Buruk Gadget pada Mata

Ilustrasi mata
Sumber :
  • iStock

VIVAlife – Teknologi memang diciptakan guna memudahkan hidup manusia. Namun di sisi lain, teknologi juga bisa membahayakan bagi kesehatan. Hasil studi yang dilakukan Klinik Mata Keluarga SMEC menemukan bahwa pengaruh dari gaya hidup modern yang semakin membahayakan mata akibat penggunaan alat-alat berteknologi tinggi secara terus menerus.

Mata yang selalu digunakan untuk melihat gadget seperti komputer, smartphone maupun tablet dalam waktu lama dan tanpa istirahat dapat mengakibatkan asthenopia atau mata lelah, yaitu pupil mata lambat bereaksi terhadap cahaya karena telah berlebihan terkena cahaya dan dampak parahnya bisa menimbulkan silindris.

Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah

"Biasanya para pasien tidak sadar dengan kondisi yang ada dan mereka baru pergi menemui dokter mata setelah mata mereka mengalami masalah yang lebih serius,” ujar dr. Ikhsan Revino, SpM dari SMEC.

Sebagai generasi yang hidup di era modern, para balita pun sudah diperkenalkan dengan beragam gadget dan teknologi di usia dini. Para generasi Z cenderung memiliki mata yang terkena intensitas paparan cahayanya lebih banyak, sehingga sering dijumpai anak-anak usia balita telah menggunakan kacamata.

Hal senada diungkapkan salah satu dokter praktik SMEC, dr. D. A. N Canara Sari, SpM.

”Mata adalah organ yang sangat vital, dan sangat disayangkan tingkat kesadaran masyarakat untuk memeriksakan mata sejak dini sangat rendah. Pada kasus anak-anak pun biasanya mereka ke dokter mata setelah menyadari adanya masalah di mata mereka. Kebanyakan kasus anak-anak yang saya tangani berupa miopia karena terlalu sering menggunakan gadget,” ujar dr Canara.

Petugas dari Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres Metropolitan Tangerang melakukan perekaman data pemohon SIM di Mal Pelayanan Kantor Pemerintahan Kota Tangerang, Tangerang, Banten

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru

Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah dokumen penting bagi pengguna kendaraan bermotor. Masa berlaku SIM memiliki batas waktu, dan perlu diperpanjang sebelum habis. Pada hari

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024