KONSULTASI: Menghilangkan Noda Hitam Akibat Gigitan Nyamuk

Ilustrasi Gigitan Nyamuk
Sumber :
  • iStock

VIVAlife – Gigitan nyamuk bukan hanya menimbulkan rasa gatal, tapi juga terkadang meninggalkan bekas merah yang bisa berubah kehitaman. Jika sudah begitu, noda hitam tersebut susah dihilangkan dan bisa merusak penampilan.

Ingin tahu cara mengatasinya? Simak tanya jawab pembaca VIVAlife dengan dr Tri Ari Wibowo, dari MeetDoctor berikut ini:

Tanya:

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Saya mempunyai masalah kesehatan pada kulit kaki yang banyak noda hitamnya. Awalnya digigit nyamuk, lalu berubah bintik-bintik merah. Lama-lama membekas jadi warna hitam.

Tidak hanya bekas gigitan nyamuk yang membekas hitam, tetapi bekas goresan atau jatuh lama-kelamaan menjadi warna hitam. Pertanyaannya, apakah itu salah satu penyakit kulit dan bagaimana menyembuhkannya?

Terima kasih,
P, 19 tahun

Jawab:

Salam sehat,

Hal yang anda alami tersebut dalam istilah medis disebut hiperpigmentasi post inflamasi (HPI) merupakan kelainan pigmen yang didapat akibat terakumulasi pigmen setelah terjadinya proses peradangan akut atau kronik. Hal ini menimbulkan bintik-bintik gelap yang disebabkan cedera atau luka, jerawat, luka bakar, atau ruam.

Bintik-bintik gelap hanya terbatas pada situs peradangan sebelumnya. Keadaan ini disebabkan oleh meningkatnya sintesis melanin sebagai respons peradangan, dan terperangkapnya pigmen melanin di dalam makrofag di bagian atas lapisan dermis pada kulit. Semua tipe kulit, baik pria maupun wanita segala usia dapat mengalami HPI.

HPI adalah kelainan kulit yang sangat umum terjadi. Cobalah untuk melakukan scrubbing dan konsumsi antioksidan.

Semoga bermanfaat,

dr. Tri Ari Wibowo

MeetDoctor



Anda memiliki masalah dan pertanyaan seputar kesehatan? Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@viva.co.id.

Masalah Anda akan dijawab oleh dokter ahli. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pembaca yang dijawab, akan ditampilkan melalui artikel di VIVAlife.

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri
Bendera Arab Saudi.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Arab Saudi kemungkinan akan memiliki perwakilan kontestan Miss Universe pertamanya tahun ini. Kandidat lagi diseleksi ketat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024