Cara Alami Atasi Rambut Beruban

Ilustrasi rambut
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Saat Anda baru berusia 20 tahun tapi sudah memiliki uban, akan sangat mengganggu penampilan. Apalagi bagi wanita, Anda akan merasa tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Sebenarnya, ada banyak faktor yang mendasari hal tersebut. Seperti genetik, polusi, rokok dan stres. Tidak adanya melanin atau pigmen yang memberikan warna natural pada rambut juga ikut mempengaruhi. Pada usia 20-an aktivitas melanocyte menurun dan tubuh berhenti memproduksi melanin.

Berikut adalah cara alami untuk menghambat pertumbuhan uban, seperti dilansir dari laman Zeenews India, 19 Oktober 2014:

Daun kari dan minyak kelapa

Cak Imin Siap Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres Jika Diwajibkan MK

Ini adalah sebuah obat yang sempurna untuk rambut beruban. Daun kari akan mengembalikan pigmen pada rambut Anda.

Rebus segenggam daun kari segar dalam minyak kelapa selama sekitar 5-7 menit. Saring minyak dan biarkan hingga dingin. Pijat kulit kepala Anda menggunakan minyak ini dan biarkan selama setengah jam atau bahkan semalam.

Jus lemon dan minyak almond

Campur minyak almond dengan jus lemon dan gunakan pada rambut dengan menggunakan ujung jari Anda. Hal ini akan menghambat proses uban pada rambut Anda.

Teh hitam

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Teh hitam sangat efektif untuk mengobati rambut beruban. Cukup rebus daun teh dan dinginkan. Saring air teh dan gunakan pada kulit kepala lalu biarkan selama satu jam. Setelah itu bilas dengan air dingin tanpa menggunakan sampo.

Selain bahan alami tersebut, minum air putih juga dapat membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Karena racun di dalam tubuh dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk uban pada rambut.

Eko Patrio

Eko Patrio Bersyukur, Gelar Halal Bihalal Dihadiri Sederet Artis dan Komedian Senior

Eko Patrio menggelar acara Halal bihalal di kediamannya di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu, 20 April 2024. Eko mengundang sederet artis dan komedian senior.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024