Cara Mudah Terhindar dari Kanker Kulit

ilustrasi kulit kering
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Kanker kulit termasuk salah satu penyakit berbahaya. Kanker kulit disebabkan penuaan, keriput wajah, kulit mengendur, dan perubahan warnan kulit. Bahan kimia berbahaya dalam kosmetik dan produk perawatan kulit, juga dapat menyebabkan kanker kulit. Dikutip dari Boldsky, diketahui bahwa sinar ultraviolet dari matahari juga bisa menyebabkan kanker kulit, lebih berbahaya dari yang Anda bayangkan. 

Sebenarnya tidak ada salahnya kulit terkena paparan sinar matahari, tetapi jangan sampai berlebihan. Yang perlu Anda lakukan, adalah melakukan berbagai pencegahan sebelum terjadinya kanker kulit.

LPSK Putuskan Beri Perlindungan kepada Korban Dugaan Pelecehan Rektor Nonaktif UP

Tanda dan gejala kanker kulit sering tidak diketahui untuk waktu lama. Pada saat didiagnosis, stadium kanker akan berada dalam kondisi maju. Jadi, baiknya lebih awal melindungi diri dari hal-hal yang bisa menimbulkan kanker kulit. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mencegah kanker kulit:

Selalu memilih tabir surya yang memiliki SPF (Sun Protection Factor) lebih dari 15. Biasakan untuk memakai tabir surya setiap dua jam sekali saat berada di luar ruangan.

Hindari kontak langsung dengan sinar matahari, terutama saat tengah hari pukul 12.00 WIB - 14.00 WIB. Ini adalah waktu di mana sinar UV terkuat muncul atau indeksnya lebih dari angka 3.

Jangan biarkan kulit Anda terbakar di bawah sinar matahari. Ini adalah cara lain untuk mencegah kanker kulit. Kulit yang terbakar sinar matahari akan meningkatkan risiko penyakit itu.

Melakukan kegiatan berjemur di bawah sinar matahari (tanning), tidak selalu aman. Kecenderungan kulit kita akan lebih sensitif terhadap radiasi ultraviolet yang muncul.

Topi sebaiknya Anda pakai saat berada di luar ruangan atau saat berada di bawah sinar matahari langsung. Kacamata juga bisa digunakan untuk melindungi mata Anda dari paparan langsung.

Lindungan bibir dengan lipgloss yang sesuai dengan SPF 30. Oleskan pada bibir setiap dua atau tiga jam sekali, terutama setelah makan.

Meskipun kondisi langit berawan, masih ada kemungkinan Anda bisa mendapatkan sengatan sinar matahari. Penelitian menunjukkan, sekitar 80 persen dari sinar matahari menembus awan dan kabut.

Untuk kulit sensitif, misalnya pada kulit bayi, akan lebih rentan dengan sinar matahari. Maka jauhkan si kecil dari sinar matahari terlalu sering. Pada anak-anak Anda, gunakan tabir surya untuk membantu mencegah efek sinar UV pada kulit mereka.

Anda harus memeriksa kondisi tahi lalat sebulan sekali. Jika Anda melihat perubahan warna, bentuk, atau ukuran, konsultasikan segera dengan dokter. Ini adalah salah satu cara untuk mencegah kanker kulit.

Koreng atau bekas luka, sebaiknya dipastikan benar-benar sembuh. Perawatan juga harus dilakukan untuk area kulit yang kemerahan, bergelombang, perdarahan, atau gatal.


Hyundai Creta N-Line

Mobil Ini Laku 100 Ribu Unit dalam 3 Bulan

Mobil tersebut berhasil meraih 100 ribu unit pemesanan hanya dalam tiga bulan sejak diluncurkan pada Januari 2024. Pencapaian ini jauh melampaui rekor sebelumnya yang dir

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024