Mengukur Kekuatan Kurawa di Perang Baratayudha

Mahabharata
Sumber :
  • starplus.in
VIVAlife
Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients
- Perang Baratayudha, perang adu gengsi kekuatan pasukan dan kekuatan fisik antara para Kurawa dan Pandawa Lima. Mereka akan membuktikan kemahiran berperang di perang yang berlangsung 18 hari itu.

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Perang Baratayudha adalah puncak perselisihan atau perang saudara antara Kurawa dan Pandawa. Perang itu mengakibatkan ribuan nyawa melayang di medan perang.
Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban


Namun dalam perang yang berlangsung 18 hari itu, ternyata kekuatan Pandawa Lima tak sebanding dengan kekuatan Kurawa. Sejumlah sekutu masuk ke dalam barisan perang Kurawa.


Sebut saja paman mereka Sangkuni, yang membawa pasukan sendiri dari kerajaan Gandhara. Lalu ada Karna si Raja Angga. Sekutu lainnya yang mengikut di barisan Kurawa adalah Salya dari Madra, guru Drona dan putranya Aswatama, Jayadrata, lalu pasukan bantuan dari Wrehadbala Raja Kosala.


Pasukan Kurawa sontak lebih besar jumlahnya dari pasukan Pandawa yang hanya dibantu dari Raja Drupada dari kerajaan Pancala dan pasukan bantuan dari Raja Wirata.


Namun, perang yang diakhiri dengan gugurnya banyak pasukan itu dimenangkan oleh Pandawa. Dalam perang itu, Duryodhana kakak tertua di kubu Kurawa tewas di tangan Bima. Begitu juga adiknya Dursasana.


Sangkuni, paman Kurawa tewas di tangan Sadewa. Sedangkan para Kurawa yang lain dibunuh Gatotkaca.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya