Telur Mentah, Santapan Favorit Negeri Sakura

Kuning Telur
Sumber :
  • iStock
VIVAlife
Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan
- Jepang memang terkenal dengan kuliner mentah yang segar dan bergizi. Hidangan mentah yang lazim dikonsumsi oleh masyarakat negeri sakura ini terdiri dari ikan, udang, cumi, hingga daging kuda.

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Namun, yang belum diketahui banyak orang ialah, masyarakat Jepang juga gemar mengkonsumsi telur mentah sejak zaman dahulu. Yang dikonsumsi hanya kuning telurnya saja, seperti dilansir laman
Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto
Rocket News 24 , 20 Oktober 2014.


Sebelum disantap, telur disimpan terlebih dahulu di dalam kulkas semalaman. Setelah membeku, telur dikeluarkan dari kulkas dan didiamkan di suhu ruangan selama tiga jam. Kemudian pisahkan antara kuning dan putih telur. Lalu ditambahkan dashi shoyu atau kecap asin Jepang yang telah dicampur dengan air kaldu ikan serta diberi sedikit shaoxing wine atau nihonshu.


Kuning telur pun didiamkan selama 15 menit hingga menyerap saus-saus tadi. Karena telah disimpan di kulkas, tekstur kuning telur tak lagi cair namun sedikit beku sehingga dapat disantap menggunakan sendok atau sumpit.


Masyarakat Jepang umumnya menyantap telur mentah ini bersama cumi atau udang mentah. Ada pula yang gemar menikmatinya bersama semangkuk nasi putih hangat. (ita)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya