Studi: Minuman Bersoda Buat Anda Cepat Tua

kakek nenek nonton
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Mengonsumsi minuman yang mengandung kadar gula tinggi, ternyata mampu membuat sel-sel tertentu di tubuh kita, menua lebih cepat. Hal tersebut diungkap oleh studi yang baru-baru ini dirilis.

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Penelitian ilmiah itu dipublikasikan minggu ini, di American Journal of Public Health. Hasilnya, menunjukkan bahwa konsumsi minuman tinggi gula, seperti soda mampu membuat sel-sel darah putih kita menua prematur.

Dikutip dari Fox5sandiego, para peneliti di University of California, San Francisco mengatakan, bahwa mengkonsumsi minuman manis bersoda dapat memengaruhi kesehatan sel-sel darah putih, sebuah bahaya seperti yang ditimbulkan rokok. Hal ini menyebabkan orang yang mengonsumsi minuman tersebut, berisiko tinggi mengidap diabetes, penyakit hati, dan stroke.

Dalam studi itu, para peneliti melihat sel-sel darah putih pada orang dewasa yang sehat. Mereka memfokuskan studi pada kromosom yang disebut telomere di tubuh para relawan. Telomere ini sangat penting bagi sel darah putih, dan akan memendek seiring bertambahnya usia.

Saat telomere pendek, maka sel mati. Para peneliti percaya, bahwa semakin panjang telomere, berarti tubuh seseorang semakin sehat dan muda. Sedangkan telomere lebih pendek, menandakan orang itu kurang sehat dan segera menua.

Para ahli itu melihat data National Health and Nutrition Examination Survey tahun 1999-2002, yang memuat informasi mengenai konsumsi minuman manis seperti diet soda dan jus buah. Mereka menemukan fakta, bahwa minuman soda tinggi gula, diasosiasikan dengan telomere lebih pendek. Namun tidak ada tanda-tanda yang menghubungkan panjang telomere dan diet soda. Sedangkan konsumsi jus buah, 100 persen diasosiasikan dengan telomere lebih pendek.

Sekitar satu dari lima orang dewasa yang menjadi relawan mengaku, mengkonsumsi 20 ons minuman soda setiap hari. Jumlah konsumsi harian ini sama dengan 4,6 tahun penuaan lebih cepat, demikian menurut studi tersebut.

American Heart Association mengatakan, cara terbaik menjaga kesehatan tubuh dan berat badan ideal, serta menurunkan risiko penyakit jantung, adalah dengan membatasi asupan gula. Yakni tidak lebih dari 150 kalori per hari untuk pria, dan 100 kalori per hari untuk wanita. Sedangkan satu kaleng soda ukuran reguler memiliki 140-170 kandungan kalori dan sekitar 40 gram gula.

Ilustrasi aplikasi.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Namanya Tripper, aplikasi hiburan terbaru yang dapat dinikmati penumpang sebelum, saat, dan sesudah penerbangan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024