Studi: Berteman dengan Perokok Rugikan Kesehatan

ilustrasi berteman dengan perokok
Sumber :
  • iStock
VIVAlife -
Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas
Rokok memang merugikan. Seperti dalam peringatan di bagian luar bungkusnya, ia dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan, dan janin. Itu untuk si perokok aktif, lalu bagaimana efek dengan perokok pasif?

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN
 
Perjuangan Dinda Kanyadewi Main Film Badarawuhi di Desa Penari, Make Up sampai 6 Jam
Dikutip dari Zeenews.india
, perokok pasif atau orang yang berada di dekat sang perokok, ternyata juga memiliki risiko tinggi dalam masalah kesehatan, bila mereka berada dalam lingkungan perokok secara intens. Maka bila dalam pergaulan sehari-hari, Anda dikelilingi teman-teman atau keluarga yang selalu merokok (padahal Anda tidak merokok), bersiaplah memiliki kondisi kesehatan yang tak kalah lebih buruk.

 

Peneliti memeringatkan agar kita tidak menjadikan rumah sebagai area merokok, guna menjaga kesehatan keluarga yang tidak merokok. "Membuat rumah Anda bebas rokok, adalah cara paling efektif mengembalikan partikel rusak dalam pernapasan," kata Sean Semple, dari Universitas Aberdeen Skotlandia.

 

Para peneliti melakukan pengambilan data dari tahun 2009 dan 2013. Penelitian tersebut melakukan pengukuran
real time
, dari partikel halus rokok, PM2.5 di rumah, lalu dikombinasi dengan data pada tingkat pernapasan pada pola waktu tertentu. Nonperokok yang hidup dengan perokok, terkena dampak kesehatan yang signifikan, demikian dipaparkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)


Banyak nonperokok yang tinggal di rumah perokok, menghirup jumlah yang sama dari konten PM2.5. "Pengukuran ini menunjukkan fakta, bahwa asap tembakau pasif, dapat menghasilkan tingkat yang sangat tinggi dari partikel beracun," kesimpulan dari Semple. Penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal
Tobacco Control.





Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya