KONSULTASI: Perawatan Tepat untuk Kulit Berjerawat

Ilustrasi wanita berjerawat
Sumber :
  • iStock
VIVAlife
Momen Pratama Arhan Peluk Mesra Azizah Salsha Usai Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-23
- Portal
VIVA.co.id
Arkhan Fikri Jadi Sorotan Usai Indonesia U-23 ke Semifinal
bekerja sama dengan Meetdoctor menggelar konsultasi interaktif lewat akun Twitter @VIVAlife_
Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun
, Rabu 22 Oktober 2014. Dalam konsultasi bertema Seputar Jerawat, Batuk, dan Pilek ini seluruh pertanyaan dijawab oleh dr. Sisca Alvionita dari Meetdoctor .

Menurut dr. Sisca, jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sangat sering dijumpai. Bahkan, tak jarang problem kulit ini dapat sangat mengganggu karena sangat berkaitan dengan penampilan.

"Faktor hormonal dipercaya memegang peran yang cukup penting akan terjadinya jerawat," ucap dr. Sisca.


Berikut kami rangkum pertanyaan dari pembaca
VIVAlife
dan jawaban dari dr. Sisca:


Tanya:
Kenapa dari SMP hingga sekarang usia 21 tahun saya mengalami komedo dan jerawat di pipi selalu datang?


Jawab:
Saat memasuki usia pubertas wajar bila sering muncul jerawat. Bahkan, ada yang menetap sampai usia 30 tahun. Bila sudah demikian, usakan selalu menjaga kebersihan, kulit muka khususnya, dengan rutin mencuci muka menggunakan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit. Hindari kebiasaan memencet jerawat dengan kondisi tangan, atau alat yang tidak terjamin kebersihannya.


Tanya:
Obat alami menghilangkan bekas jerawat, selain madu apa? Madu murni sulit didapat.


Jawab:
Beberapa bahan alami dipercaya bisa menghilangkan bekas jerawat, seperti tomat, jeruk nipis, dan putih telur. Namun, hal tersebut perlu penelitian lebih lanjut lagi untuk mengetahui tingkat efektivitasnya. Hasil juga bisa berbeda antara satu individu dengan lainnya. Awasi reaksi alergi yang mungkin timbul.


Tanya:
Apa benar bila banyak makan telur dan kacang akan jerawatan?


Jawab:
Tidak sepenuhnya benar. Justru ada penelitian yang mengatakan bahwa kandungan kacang baik untuk tubuh. Yang penting, kurang asupan gula dan karbohidrat. Sebab, menurut penelitian, makanan tersebut akan merangsang pelepasan hormon yang memicu produksi sebum (minyak) yang bila kita tidak menjaga kebersihan kulit dapat terkontaminasi kuman dan akhirnya menjadi jerawat.


Tanya:
Saya mau tanya kenapa jerawat bikin bopeng?


Jawab:
Umumnya karena peradangan yang berulang dan penanganan yang salah, seperti memencet jerawat dengan tangan justru melukai kulit dan merangsang pembentukan bekas luka.


Tanya:
Sebaiknya apa yang kita bisa lakukan bila berjerawat
dok
?


Jawab:
Sebaiknya, saat berjerawat tetap jaga kebersihan kulit dengan rutih membersihkannya. Hindari memencet dengan menggunakan tangan. Untuk mengobatinya bisa dengan krim yang mengandung antiradang dan antimikroba serta mengandung benzyl peroxide, atau asam salisil. Bila tidak membaik, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit. Semoga lekas sembuh jerawatnya.


Tanya:
Dok
mau tanya, masker yang cocok untuk kulit berjerawat dan berminyak itu apa
ya
?


Jawab:
Bisa coba menggunakan masker alami dari stroberi dan madu. Selamat mencoba.




Anda memiliki masalah dan pertanyaan seputar kesehatan? Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@viva.co.id.


Masalah Anda akan dijawab oleh dokter ahli. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pembaca yang dijawab, akan ditampilkan melalui artikel di
VIVAlife.


(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya