FOTO: Melongok "Arsip Desain" Masa Lalu Biyan

Busana Rancangan Biyan Wanaatadja
Sumber :
  • Dok. Pesta Indonesia dan Bazaar Fashion Festival 2014

VIVAlife - Semua hal tentang perempuan selalu menarik untuk dieksplorasi. Perspektif perempuan memandang lingkungan sekitar dan memahami nilai-nilai internal diri, selalu melahirkan pesona kreatif untuk digali menjadi sebuah karya.

Mekanisme Sidang Sengketa Pileg 2024, MK Bagi 3 Panel Hakim

Ini pula yang menjadi inspirasi bagi perancang busana Biyan saat memamerkan koleksi rancangannya di Pesta Indonesia dan Bazaar Fashion Festival 2014.

Perancang busana yang bernama lengkap Biyan Wanaatadja ini memilih Seruni sebagai tema besar koleksi Women's Wear Spring/Summer 2015 dalam pagelaran Pesta Indonesia dan Bazaar Fashion Festival 2014. Tema tersebut menjadi penanda kariernya selama 31 tahun di dunia fesyen.

Tema Seruni berawal dari simbolisasi bunga krisan yang dipercaya di daerah Asia sebagai simbol kehidupan yang abadi. Semangat tersebut menjadi dasar pemikiran kreatif yang menghasilkan koleksi busana yang terinspirasi dari perpaduan antara Japanese art and culture dengan nuansa tribal dari Sumba, Indonesia.

Koleksi busana yang dipamerkan berjumlah 80 buah. Dalam menciptakan koleksinya, Biyan ingin kembali membuka "arsip desain" masa lalu saat ia mengawali karirenya terutama saat mendalami konsep transparansi.

Hasilnya, sebuah implementasi ulang dengan konsep berbeda dan segar dalam penerapan teknik asymmetric layering yang menggunakan berbagai jenis tekstur kain yang berbeda sehingga menghasilkan siluet yang sederhana namun unik.

Koleksi bertema Seruni ini digambarkan sebagai karakter wanita masa kini yang berpikiran terbuka, berwacana global, dan selalu antusias mempelajari hal-hal baru. (ita)

Lihat foto-fotonya di

Waketum Nasdem Ahmad Ali Temui Prabowo Minta Dukungan Maju Pilgub Sulteng
Kemenkominfo menyelenggarakan kegiatan chip in literasi digital

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Kemenkominfo menyelenggarakan kegiatan chip in Literasi Digital dengan mengusung tema “Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya”.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024